..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Program Pembiasaan Pagi di MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo

Fitriani, Fadilatul (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Program Pembiasaan Pagi di MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak
Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan salah satu cara dalam membentuk karakter anak, yaitu dengan menerapkan kegiatan pembiasaan yang dapat menanamkan karakter pada anak, seperti pada MI Ma’ arif 1 Babadan, Ponorogo yang menerapkan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ ir Ngudi Susilo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat program pembiasaan pagi dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa MI Ma’arif 1 Babadan, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman karakter disiplin melalui pelaksanaan salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ ir Ngudi Susilo, yaitu dengan penerapan sanksi kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib dan bimbingan guru mengenai nilai-nilai karakter disiplin dalam Asmaul Husna dan Syi’ ir Ngudi Susilo serta contoh penerapannya melalui nasihat dan keteladanan dari guru; (2) Penanaman karakter tanggung jawab melalui pelaksanaan salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ir Ngudi Susilo dengan pemberian sanksi kepada siswa yang tidak tertib selama pembiasaan serta bimbingan dan evaluasi dari guru kepada peserta didik mengenai perilaku-perilaku siswa yang dikaitkan dengan makna atau kandungan dalam Asmaul Husna dan Syi’ ir ngudi Susilo; (3) Faktor pendukung pelaksanaan program pembiasaan pagi, yaitu dari kebijakan sekolah, sarana dan prasarana, media, metode dan guru pembimbing dan faktor penghambatnya, yaitu dari kesadaran diri siswa, orang tua, motivasi siswa dan keterbatasan waktu pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:40
Last Modified: 09 Jan 2024 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26997

Actions (login required)

View Item View Item