Upaya Guru Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 2 Ponorogo

Assidiqi, Ahmad Jimly (2023) Upaya Guru Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_ 208190001_AHMAD JIMLY ASSIDIQI IPS -.pdf

Download (1MB)

Abstract

Assidiqi, Ahmad Jimly. 2023, Upaya Guru Menumbuhkan Ketrampilan Berfikir
Kritis melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Kelas VII di SMPN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sodial Fakultas Tarbiah dan ilmu Keguruan Institut agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Berfikir kritis, literasi digital, pembelajaran IPS
Berfikir kritis adalah suatu proses berpikir manusia untuk mengbungkan fakta-fakta atau data-data yang sistematik menuju suatu kesimpulan berupa pengetahuan. Literasi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Didalam literasi digital sendiri perlu adanya keterampilan berfikir kritis yang dimiliki siswa. Karena kita tahu literasi digital sangat mudah sekali diakses, dan terdapat banyak sekali informasi didalamnya, sehingga perlu adanya keterampilan berfikir kritis untuk menerima informasi yang di dapat. Dalam kaitannya pembelajaran IPS menjadi salah satu pendukung untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik terhadap isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat secara real-time. Hal ini juga sejalan dengan konsep pembelajaran IPS yang menjadikan kehidupan manusia sebagai pokok kajian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah upaya guru menumbuhkan ketrampilan berfikir kritis dan literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo (2) faktor penghambat dalam langkah-langkah upaya guru menumbuhkan ketrampilan berfikir kritis dan literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo (3) Implikasi upaya guru menumbuhkan ketrampilan berfikir kritis dan literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas penelitian ini disusun dengan rancangan metode penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang di laksanakan di SMPN 1 Siman, Ponorogo dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan berulang kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pola interaktif dengan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) langkah-langkah upaya guru menumbuhkan keterampilan berfikir kritis melalui literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo yaitu Pertama, Proses pembelajaran IPS dengan keterampilan berfikir kritis melalui literasi digital. Kedua, seorang guru memberikan latihan soal. Guna menumbuhkan keterampilan berfikir kritis melalui literasi digital. Ketiga, adakannya ulangan harian dengan menggunakan media literasi digital, yang mana soal yang di sampaikan dapat merangsang untuk menumbuhkan keterampilan berfikir kritis melalui literasi digital.(2) Adapun faktor penghambat dalam langkah-langkah guru menumbuhkan keterampilan berfikir kritis melalui literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo yaitu, kurangnya perhatian guru, menurunnya prestasi siswa, kurang menariknya metode. (3) Implikasi literasi digital terhadap keterampilan berfikir kritis dalam pembelajaran IPS kelas VII SMPN 2 Ponorogo. yakni sangat berdampak positif bagi perkembangan pembelajaran di era sekarang, karena dalam hal ini mampu meningkatkan salah satu karakteristik siswa adalah kemampuan kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:36
Last Modified: 09 Jan 2024 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26986

Actions (login required)

View Item View Item