Pengaruh Penerapan Metode Hafalan Terhadap Pemahaman Santri Dalam Pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo

Rahma, Siyadah (2023) Pengaruh Penerapan Metode Hafalan Terhadap Pemahaman Santri Dalam Pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190443_RAHMA FATIKHATUS SIYADAH_SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Siyadah, Rahma Fatikhatus. 2023. Pengaruh Metode Hafalan terhadap Pemahaman Santri dalam Pembelajaran Kitab Aqidah Al Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd.

Kata Kunci: Metode Hafalan, Pemahaman Santri, Pengaruh
Pemahaman santri adalah kemampuan santri untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan di ingat. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman adalah faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran. Metode yang digunakan bisa berupa metode hafalan. Kaitannya dengan pemahaman santri dalam pembelajaran, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo, peneliti menemukan bahwa pemahaman santri mengenai isi atau materi yang terkandung dalam kitab Aqidah al Awam masih kurang baik.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. 2) Untuk mengetahui pemahaman santri terhadap materi yang terkandung dalam Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode hafalan terhadap pemahaman santri dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan dilaksanakan di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Jumlah populasi sebanyak 46 santri yang digunakan untuk sampel sejumlah seluruhnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yakni sebagai berikut: 1) Metode hafalan dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo memiliki kategori cukup baik dengan presentase 74%; 2) Pemahaman santri di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo dalam kategori cukup baik dengan presentase 59%; 3) terdapat pengaruh metode hafalan terhadap pemahaman santri dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo yang ditunjukkan dengan Model Summary menunjukkan R2 sebesar 0,444 atau 44%. Jadi, penggunaan metode hafalan memberikan pengaruh sebesar 44% terhadap pemahaman santri dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo. Sehingga, dapat dikatakan semakin baik penggunaan metode hafalan maka meningkat pula pemahaman santri dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam di Pondok Pesantren KH Syamsuddin Durisawo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:34
Last Modified: 09 Jan 2024 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item