Implementasi Media Tangram pada Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas IV SDN 1 Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024

Latifah, Anis (2023) Implementasi Media Tangram pada Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas IV SDN 1 Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190013_ANIS LATIFAH_PGMI.pdf

Download (42MB)

Abstract

Latifah, Anis. 2023. Implementasi Media Tangram pada Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas IV SDN 1 Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: tangram, problem based learning, hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran matematika yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang dapat memahami materi yang diajarkan. Selain itu, siswa pasif selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pemahaman siswa melalui penggunaan media tangram matematika dengan model pembelajaran PBL; (2) peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan media tangram matematika dengan model pembelajaran PBL; dan (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media tangram matematika dengan model pembelajaran PBL.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Sumber data penelitian berasal dari siswa dan guru Kelas IV SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada desain model Kemmis dan Mc Tagart menggunakan dua siklus.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) penerapan media tangram pada model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dibuktikan pada saat proses pembelajaran siswa aktif berdiskusi dan dapat memberikan penjelasan singkat tentang materi geometri. (2) Aktivitas siswa juga menngalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sikap siswa dalam satu kelas termasuk dalam kriteria cukup sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kriteria baik sekali. (3) Berdasarkan peningkatan pemahamn dan aktivitas siswa tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi geometri. Hal ini terlihat peningkatan pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus I. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang telah tuntas terdapat pada TP 2, sedangkan pada TP 1, TP 3, dan TP 4 belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II interval nilai rata-rata kelas telah mencapai ketuntasan pada TP 1, TP 2, TP 3, dan TP 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:20
Last Modified: 09 Jan 2024 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26974

Actions (login required)

View Item View Item