Penanaman Karakter Religius Melalui Pembiasaan Pembacaan Juz 'Amma Beserta Terjemahnya Bagi Siswa Kelas IV di MI Ma'arif Ngrupit

Zahrok, Mahsunatuz (2023) Penanaman Karakter Religius Melalui Pembiasaan Pembacaan Juz 'Amma Beserta Terjemahnya Bagi Siswa Kelas IV di MI Ma'arif Ngrupit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_MAHSUNATUZ ZAHROK_203190262 - WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Zahrok Mahsunatuz, 2023 Penanaman Karakter Religius Melalui Pembiasaan Pembacaan Juz ‘Amma beserta Terjemahnya bagi Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakults Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: Karakter Religius, Pembiasaan, Juz ‘Amma.

Dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi saat ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan karakter anak. beberapa sebab terjadinya kemunduran pendidikan di dunia Islam di antaranya adalah karena tidak lengkapnya dalam aspek materi, terjadinya krisis sosial masyarakat dan budaya, serta hilangnya uswah hasanah (teladan yang baik), dan nilai-nilai islami. Salah satu aspek yang penting ialah aspek moralitas. Sebagai sebuah proses, pendidikan memerlukan pembiasaan, sementara pembiasaan itu berperan penting sebagai alat pendidikan yang akan mempengaruhi, mengubah, membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam rangka mendidik, melatih, mengendalikan, dan memperbaiki tingkah laku.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan penanaman karakter religius siswa di MI Ma’arif, (2) Mengetahui penanaman karakter religius siswa melalui pembiasaan pembacaan juz amma beserta terjermahnya yang dilakukan pada kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit, dan (3) Menjelaskan dampak pembiasaan melalui pembacaan Juz ‘Amma terhadap karakter religius siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Penanaman karakter religius melalui pembiasaan pembacaan Juz ‘Amma beserta terjemahnya di MI Ma’arif Ngrupit yaitu dengan melakukan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, amal jum’at, membaca Juz ‘Amma beserta terjemahnya, tahsin, dan santunan anak yatim. 2) Pembiasaan pembacaan Juz ‘Amma beserta terjemahnya yang dilakukan pada kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan yaitu dengan melaksanakan pembacaan Juz ‘Amma beserta terjemahnya setiap hari pada pukul 07.30 yang diikuti oleh seluruh siswa. Harapannya agar dapat menjadikan pribadi siswa yang baik sekaligus membuat generasi muslim yang selalu mengamalkannya dan berakhlakul karimah dan setelah lulus dari MI Ma’arif siswa sudah lancar dan bagus membaca Juz ‘Amma sesuai dengan kaidah tajwid. 3) Dampak pembiasaan melalui pembacaan Juz ‘Amma terhadap karakter religius siswa kelas IV di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan dapat diketahui dari peningkatan sikap siswa yaitu sikap religius, sikap jujur, sikap disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:16
Last Modified: 09 Jan 2024 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26972

Actions (login required)

View Item View Item