..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM TARTIL DAN TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP N 1 SIMAN

ANGGRAENI, TIARA EKA AYU (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM TARTIL DAN TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP N 1 SIMAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_TIARA EKA AA_206190173_MPIEEE.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Anggraeni, Tiara Eka Ayu. 2023. Manajemen Program Tartil dan Tahfidz dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP N 1 Siman. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Tartil dan Tahfidz, Karakter

Penerapan manajemen pada pelaksanaan program, diharapkan berjalannya program dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Seperti halnya dengan SMP N 1 Siman dalam pelaksanaan program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa. Dengan adanya manajemen program tartil dan tahfidz yang baik, diharapkan dapat menjadikan siswa melek al-Qur’an dan berkarakter. Mengingat, banyak sekali saat ini problem mengenai kenakalan-kenalan remaja yang pelakunya sendiri masih berstatus pelajar, seperti tawuran, bulliying, serta penganiayaan siswa terhadap guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perencanaan program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa, (2) Pelaksanaan program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa, (3) Evaluasi program tartil dan tahfidz siswa dalam membentuk karakter siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber, dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian data ditemukan bahwa (1) Perencanaan program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Siman; a) Dilatar belakangi adanya problem dan menetapkan tujuan yang ingin dicapai, b) Adanya perlibatan dari berbagai warga sekolah, (2) Pelaksanaan program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Siman; a) dilaksankan seminggu 3 kali pertemuan, b) adanya perlibatan dari berbagai warga sekolah, c) dilaksanakan dengan mendatangkan tentor dari luar, d) Pembentukan Karakter disiplin, kerja keras, mandiri, tanggung jawab dan gemar membaca, e) Menentukan strategi untuk terlaksananya program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakte siswa, (3) Evaluasi program tartil dan tahfidz dalam membentuk karakter siswa di SMP N 1 Siman; a) Dilaksanakan setiap minggu dan persemester, b) Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung program,c) Aspek yang dievaluasi dan jenis evaluasi, d) Bentuk tindak lanjut dari hasil evaluasi yaitu terus memperbaiki kekurangan-kekurangan untuk lebih mengembangkan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Athok Fu'adi, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:08
Last Modified: 09 Jan 2024 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26970

Actions (login required)

View Item View Item