Penanaman Sikap Percaya Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo

Maslihah, Siti (2023) Penanaman Sikap Percaya Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190303_Siti Maslihah_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Maslihah, Siti. 2023. Penanaman Sikap Percaya Diri melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana M.A
Kata Kunci: Sikap Percaya Diri, Optimisme, Sikap Tanggung Jawab, Kegiatan Ekstrakurikuler

Menanamkan sikap percaya diri merupakan hal yang sangat penting dikarenakan sikap percaya diri merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap kepribadian siswa. Siswa yang cerdas dalam bidang akademik namun kurang percaya diri juga akan berdampak pada prestasi belajarnya di kelas. Oleh karena itu sikap percaya diri ini harus ditanamkan sejak dini. Pasalnya tingkat kepercayaan diri siswa saat ini semakin rendah. Perasaan takut dan ragu ketika mendapat tugas dari guru masih sering terjadi. Untuk itu perlu adanya upaya penanaman sikap percaya diri agar siswa mampu mengembangkan sikap percaya diri mereka dengan baik. MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo mendukung proses penanaman sikap percaya diri ini dengan memberikan program pendukung yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini memiliki banyak sekali manfaat pada penanaman sikap atau karakter siswa. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler memiliki tujuan mengembangkan minat dan bakat siswa, sehingga sikap percaya diri siswa juga akan terbentuk.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk penanaman sikap percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo (2) mendeskripsikan bentuk optimisme siswa kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo melalui kegiatan ekstrakurikuler (3) mendeskripsikan bentuk tanggung jawab siswa kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa (1) bentuk penanaman sikap percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo meliputi: pembiasaa, penugasan, pemberian motivasi, dan pemberian reward (2) bentuk optimisme siswa yaitu yakin terhadap kemampuannya dan siap untuk menerima tantangan (3) bentuk tanggung jawab siswa yaitu rajin mengikuti latihan, menaati peraturan yang ada, dan siap untuk menerima hukuman atas kesalahan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:06
Last Modified: 09 Jan 2024 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item