Peran Pendidik Sebagai Motivator Dalam Membina Akhlak Siswa di SMAN 1 Balong

Nisa', Awatuzzahrotun (2023) Peran Pendidik Sebagai Motivator Dalam Membina Akhlak Siswa di SMAN 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190331_Awatuzzahrotun Nisa'_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisa’, Awatuzzahrotun. 2023. Optimalisasi Peran Pendidik Sebagai Motivator Dalam Membina Akhlak Siswa di SMAN 1 Balong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata Kunci: pendidik, motivator, pembinaan akhlak siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu pentingnya pendidik menjadi panutan bagi siswa dalam proses pembinaan akhlak di sekolah. Perlunya pendidik mempunyai strategi-strategi yang dapat digunakan dalam membina akhlak siswa dan mengetahui bagaimana agar dapat menjadi panutan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi-strategi pendidik sebagai motivator dalam membina akhlak siswa; (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat peran pendidik sebagai motivator dalam membina akhlak siswa; (3) menganalisis dampak peran pendidik sebagai motivator dalam membina akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terdapat sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data melalui reduksi data, telaah data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji credibility, transferability, dependability, confirmability.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) strategi yang dapat dilakukan oleh pendidik sebagai motivator atau panutan bagi siswa diantaranya dengan penerapan pembiasaan dari pihak sekolah bagi pendidik, pendidik sebagai role model bagi siswa, melakukan pendekatan individual kepada siswa, menerapkan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara, adanya interaksi antara guru dan siswa, serta pemberian nasihat dan hukuman bagi siswa. (2) Faktor pendukung peran orang tua dalam membina akhlak anak, pembiasaan yang diterapkan oleh orang tua selama anak dirumah, keberadaan tenaga pendidik yang professional, pembiasaan yang diterapkan oleh pihak sekolah, kesadaran yang tumbuh dalam diri siswa dalam menaati peraturan sekolah, dan terdapat faktor lingkungan masyarakat yang mendukung proses pembinaan akhlak bagi siswa. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu peran orang tua yang kurang maksimal dalam membina akhlak anak, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua, kesadaran anak dalam mempunyai akhlak yang baik, penyampaian materi akhlak yang minim, kesadaran siswa menaati tata tertib sekolah, kurangnya perhatian khusus yang diberikan oleh guru, dan terdapat faktor lingkungan masyarakat yang dapat menghambat proses pembinaan akhlak siswa. (3) Dampak optimalisasi peran pendidik sebagai motivator dalam membina akhlak siswa diantaranya adalah peningkatan akhlak, kedisiplinan siswa dan peningkatan peran serta tanggung jawab pendidik sebagai motivator dalam membina akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:06
Last Modified: 09 Jan 2024 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26967

Actions (login required)

View Item View Item