Efektivias Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Penalaran Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 2 Ponorogo

Rodhifah, Nana Nofita Fadhilatur (2023) Efektivias Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Penalaran Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NANA APLUD E TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rodifah, Nana Nofita Fadhilatur. 2023 Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Pemikiran Penalaran Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Esti Yuli Widayanti, M.Pd.

Kata kunci : Efektivitas, Guided Discovery, Pemikiran Penalaran
Pembelajaran adalah proses untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku dimanapun dan kapanpun. Setelah melalui proses pembelajaran diharapkan siswa memperoleh pengetahuan yang baik. Pengetahuan tidak langsung pindah begitu saja dari guru ke siswa melainkan siswa sendirilah yang dapat membangun pengetahuan dari pengalaman kognitif mereka pada saat berinteraksi dengan lingkungan pada proses pembelajaran. Maka tidak bisa dipungkiri, ketika belajar mata pelajaran IPA atau yang dianggap sulit baginya, maka pantaslah sebagai besar anak di Madrasah Ibtidaiyah cenderung kurang tertarik dan kurang antusias menerima materi tersebut, sehingga hasil belajar yang didapatkan belum maksimal. Dalam hal belajar pemikiran penalaran sangatlah berpengaruh dengan hasil belajarnya, kemampuan penalaran ilmiah dibutuhkan peserta didik sungguh-sungguh agar pengetahuan yang telah diperoleh mampu diterapkan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ada beberapa fakta yang ditemui pada siswa di MIN 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model guided discovery pada siswa kelas V MIN 2 Ponorogo pada mata pelajaran IPA.(2) mengetahui efektivitas model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan penalaran pemikiran pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 2 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah anak madrasah ibtidaiyah atau MIN 2 Ponorogo kelas 5A,5B dan 5C yang berjumlah 63 Siswa. Adapun sampel yang diambil kelas 5A dan 5B yang berjumlah 43 siswa.
Berdasarkan dari analisis data, ditemukan bahwa (1) pelaksanaan pada model guided discovery dapat meningkatkan pemikiran penalaran siswa dalam mata pelajaran IPA, skor rata-rata siswa sebelum diterapkan model pembelajaran guided discovery sebesar 59,76 dan skor siswa seelah diterapkan model pembelajaran guided discovery yaitu 81,90 (2) efektivitas model pembelajaran guided discovery terhadap pemikiran penalaran siswa kelas V MIN 2 Ponorogo pada mata pelajaran IPA maka dilakukan uji N-Gain. Dari uji N-Gain tersebut diperoleh peningkatan pemikiran penalaran siswa pada mata pelajaran IPA sebesar 0,5 dan masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:05
Last Modified: 09 Jan 2024 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

View Item View Item