...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Memberikan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di Smp 5 Ma’rif Ponorogo.

Irfan, Mohamad (2023) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Memberikan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di Smp 5 Ma’rif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Mohamad Irfan 201180148 Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi mempunyai fungsi yang penting dalam belajar, karena motivasi akan
menentukan intensitas usaha belajar yang dilakukan peserta didiknya. Selama pembelajaran
dilakukan di dalam kelas peserta didik lebih cenderung bersikap pasif. Dikarenakan banyak
peserta didik yang mengalami hilangnya pengetahuan dan kemampuan, atau bisa disebut
learning loss. Dalam hal ini, peserta didik di SMP 5 Ma’arif Ponorogo mengalami kemunduran
akademis secara menyeluruh. Sehingga guru sangat berperan penting untuk membangkitkan
motivasi belajar untuk menghindari learning loss yang dialami peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kondisi pembelajaran PAI di
SMP 5 Ma’arif Ponorogo; 2) Untuk menganalisis upaya guru memberikan motivasi belajar
kepada peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP 5 Ma’arif Ponorogo; dan 3) Untuk
mengidentifikasi implikasi pemberian motivasi belajar pada keaktifan peserta didik pada
pembelajaran PAI di SMP 5 Ma’arif Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Adapun sumber data yang diperoleh dari informan guru pendidikan agama islam.
Sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa hasil wawancara dengan informan, observasi,
dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) kondisi pembelajaran PAI di SMP 5 Ma’arif
Ponorogo adanya penurunan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam belajar akibat dari
learning loss baik dari segi proses komunikasi, pengelolaan pelaksanaan, respon peserta didik,
dan aktivitas belajar. Terlihat dari peserta didik yang malas belajar, keaktifan berpendapat
menurun, keaktifan bertanya menurun, tidak mengerjakan tugas, tidak membawa buku, takut
masuk kelas, suka belajar outdoor, pemberian rewads, dan pemberian bimbingan.; 2) upaya guru
memberikan motivasi belajar kepada peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP 5 Ma’arif
Ponorogo baik dari segi memberi angka, kompetisi persaingan, ego-involvement, mengetahui
hasil, hadiah, pujian, hukuman, pembelajaran outdoor, pembelajarn berbasis IT, dan penggunaan
strategi aktif learning berbasis kelompok. terlihat adanya pemberian bimbingan, menunjukan
hasil ulangan untuk meningkatkan kompetensi belajar, pemberian rewads, pemberian apresiasi,
pendekatan edukatif, pemberian stimulus, dan mempertahankan nilai dan meningkatkannya.; 3)
implikasi pemberian motivasi belajar pada keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI di
SMP 5 Ma’arif Ponorogo baik dari segi perhatian peserta didik, kerja sama antara peserta didik,
kemampuan berpendapat peserta didik, kemampuan bertanya peserta didik, dan mendengarkan
ketika teman berpendapat. Terlihat adanya peningkatan perhatian peserta didik, keberanian dalam berpendapat meskipun dengan kalimat yang sederhana, kerjasama antar peserta didik cenderung sama, meningkatkan keberanian dalam bertanya meskipun dengan kalimat yang sederhana, dan mendengarkan dengan baik pendapat teman ketika berpendapat disertai argumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:10
Last Modified: 08 Jan 2024 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26955

Actions (login required)

View Item View Item