..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS XI IPS 3 DI MAN 2PONOROGO

TRI WAHYUNI, TRI (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS XI IPS 3 DI MAN 2PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni,Tri.2023. Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI IPS 3 DI MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr.M.Miftahul Ulum,M.Ag.,

Peserta didik kelas XI IPS 3 di MAN 2 Ponorogo dalam waktu proses pembelajaran masih kurang aktif ketika ada materi pembelajaran di kelas, hal tersebut bisa diketahui dari peserta didik yang tidak mau bertanya, tidak aktif dalam berpendapat. Maka dari itu, dengan menerapkan HOTS dalam proses pembelajaran dan penilaian dapat melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya agar nantinya mereka dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupannya sehingga peserta didik mampu membuat keputusan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran SKI kelas XI IPS 3 di MAN 2 Ponorogo, (2) menganalisis implikasi pembelajaran SKI berbasis HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kasus (Case Study). Adapaun teknik pengumpulandata dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah, guru SKI, dan Peserta didik kelas XI IPS 3. sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan kebasahan data pada penelitian ini dengan menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan triangulisi data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran berbasis HOTS, dilakukan dengan 3 tahapan (a) perencanaan guru menggunakan kerikukulum 2013 membuat RPP mengunakan KKO C4 menganalisis, C5 mengevaluasi, C6 mengkreasi/mencipta. (b) Pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS dilaksanakan oleh guru menggunakan pendekatan PBL pada materi Daulah Syafawi di Persia, siswa diminta untuk menganalisis model pemerintahan yang berbasis teokratis. (c) Evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dilakukan dengan instrument tes pada KKO C4 menganalisis, pada meingkatkan kemampuan analisis siswa. (2) Implikasi pembelajaran HOTS pada peningkatan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di MAN 2 Ponorogo pada materi SKI dengan menggunakan model pembelajaran PBL kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada aspek analisis problem, evaluasi temuan dan kreasi siswa pada presentasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MIFTAHUL ULUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:08
Last Modified: 08 Jan 2024 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item View Item