...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR KEASLIAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Metode Pembelajaran Praktik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas 2B di MIN 4 Ponorogo

Cahya, Nana Bella Anugrah (2023) ...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR KEASLIAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Metode Pembelajaran Praktik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas 2B di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190164 Nana Bella AC PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berbicara mengenai kemampuan berpikir kreatif, siswa kelas 2B menjadi bukti keberhasilan guru dalam mengelolah kreativitas siswa melalui kegiatan praktik membuat karya kolase dengan teknik menempel di MIN 4 Ponorogo, guru di MIN 4 Ponorogo selalu menerapkan metode pembelajaran praktik sebagai penunjang utama kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada mata pelajaran SBDP di kelas 2B MIN 4 Ponorogo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) kelas 2B di MIN 4 Ponorogo.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dibaca, dipelajari, ditelaah, kemudian reduksi data menyusunnya dalam satuan�satuan, dikategorisasikan, dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran SBDP kelas 2B di MIN 4 Ponorogo dapat dikatakan sebagai hasil dari memori dan metakoknisi yang berpengaruh terhadap pemahaman. Setiap peserta didik memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda sehingga membutuhkan benda yang konkret agar peserta didik tidak berpikir abstrak dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu metode pembelajaran praktik sangat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 2B di MIN 4 Ponorogo dapat diketahui melalui 4 aspek yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif dan hasil wawancara serta observasi bersama wali kelas 2A dan 2B dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran SBDP memang terbukti dapat menunjang kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya dikelas 2B di MIN 4 Ponorogo hal ini juga didukung dengan adanya peningkatan nilai mata pelajaran SBDP kelas 2B dari semester 1 dan semester 2 di MIN 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:01
Last Modified: 08 Jan 2024 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26941

Actions (login required)

View Item View Item