PROGRAM ONE DAY ONE COIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK MA’ARIF AL-KARIMAH DUKUH MOJOKERTO DESA PALUR KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN

Kurniawati, Dewi (2024) PROGRAM ONE DAY ONE COIN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK MA’ARIF AL-KARIMAH DUKUH MOJOKERTO DESA PALUR KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Dewi Upload estheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kurniawati, Dewi. 2023. Program One Day One Coin Dalam Pengembangan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Di TK Ma’arif Al-Karimah Dukuh Mojokerto Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah, M. Ag.

Kata Kunci: One Day One Coin, Karakter Peduli Sosial, Anak Usia Dini

Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter pada siswa. Untuk menanamkan karakter yang baik pada siswa dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah. Seperti yang diterapkan di TK Ma’arif Al-Karimah Dukuh Mojokerto Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, yaitu melalui kegiatan pembiasaan One Day One Coin.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan pembiasan pengembangan karakter peduli sosial anak usia dini melalui program One Day One Coin; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program One Day One Coin dalam pengembangan karakter peduli sosial anak usia dini; dan (3) Mengetahui dampak pelaksanaan program One Day One Coin pada karakter peduli sosial anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Karakter anak usia dini ada karakter disiplin, karakter kejujujarn, karakter religiusitas, dan karakter peduli sosial. One Day One Coin ini adalah salah satu strategi pengemabangan karakter peduli sosial. Kegiatan pembiasan pengembangan karakter peduli sosial ada 2 yaitu One Day One Coin dan infaq Jum’at. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter peduli sosial pada anak usia dini khususnya kepada teman satu sekolah yang sedang mengalami kesusahan. Output dalam kegiatan One Day One Coin adalah semakin bertambahnya rasa kepedulian sosial pada anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter peduli sosial dalam lingkup internal siswa yang bermanfaat terpenuhinya kebutuhan yang ada di kelas. (2) Nilai-nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam pembiasaan One Day One Coin yaitu memiliki jiwa yang penuh kasih dalam sesama teman satu kelas dengan membantu teman yang kesusahan, dan kesadaran religiusitas, serta kesadaran sosial dalam kebutuhan kelas yang diperlukan. (3) Dampak pembiasaan One Day One Coin terhadap karakter peduli sosial siswa yaitu semakin meningkatnya kepedulian sosial. Dalam program tersebut anak-anak diajari untuk tidak peduli terhadap dirinya sendiri melainkan juga peduli terhadap orang lain khususnya kepada teman satu kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:58
Last Modified: 08 Jan 2024 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item View Item