..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022

Sholihah, Nadia Iriya (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203180203_NADIA IRIYA SHOLIHAH_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

SHOLIHAH, NADIA IRIYA. Pengaruh Bimbingan belajar dan Motivasi BelajarTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Trbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I

Kata Kunci: Bimbingan belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Dalam proses pembelajaran pasti tidak akan lepas dari namanya aktivitas yang berkaitan dengan guru dan siswa. Proses penyampaian materi dalam pembelajaran tidaklah berjalan dengan baik jika tidak ada campur tangan dan semangat belajar dari siswa. Ada beberapa faktor dalam keefektifan bimbingan belajar berfungsi mempengaruhi berjalannya proses pembelajaran, seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, banyak siswa yang masih kurang memerhatikan saat pembelajaran berlangsung. kurangnya minat siswa terhadap proses pembelajaran, banyak siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh bimbingan belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022; (2) motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022; (3) hasil Matematika MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022 ; (4) bimbingan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022; (5) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022; (6) dan pengaruh keefektifan belajar dan motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan teknik kuesioner atau angket dan dokumentasi. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 25 siswa. Intrumen pengumpulan data, yaitu menggunakan angket keefektifan bimbingan belajar dan angket motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara Bimbingan Belajar dan Motivasi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan presentasi pengaruh 50,1%; Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan presentasi pengaruh sebesar 29,9%; Selanjutnya diperoleh secara simultan variabel hasil belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar di MI Miftahul Ulum Kedungpanji 1 pada pelajaran matematika kelas V tahun ajaran 2021/2022. Dengan presentasi pengaruh 72,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:09
Last Modified: 08 Jan 2024 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26939

Actions (login required)

View Item View Item