Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Menggunakan Metode Ummi Di Pesantren Putri Al-Mawaddah

Alibba'a, Arina Mazaya (2023) Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Menggunakan Metode Ummi Di Pesantren Putri Al-Mawaddah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190329 ARINA MAZAYA ALIBBA'A PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alibba’a, Arina Mazaya. 2023. Implemmentasi Pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di Pesantren Putri Al-Mawaddah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institusi Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Rizka Eliya Maslihah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Problematika pembelajaran
Pembelajaran Al-Qur’an yang sempurna akan dapat menghasilkan generasi Al-Qur’an yang bisa memakmurkan bumi dengan Al-Qur’an serta menyelamatkan peradaban dunia di masa depan. Syarat mutlak untuk membesarkan generasi Al-Qur’an yaitu memahami Al-Qur’an, diawali dengan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar dan baik sesuai aturan yang telah ditentukan. Karena pentingnya pembelajaran Al-Qur’an, sangat dianjurkan untuk mempelajari Al-Qur’an sejak kecil. Kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Putri Al-Mawaddah yaitu kurangnya minat santriwati dalam mempelajari Al-Qur’an dengan metode ummi, sehingga saat pembelajaran santriwati kurang memperhatikan dan tidak serius.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di Pesantren Putri Al-Mawaddah; (2) problematika pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi dan solusinya.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipasi penelitian berasal dari guru Al-Qur’an pimpinan Pesantren Putri Al-Mawaddah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa (1) Proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi dilakukan dengan 7 tahapan: pertama pembukaan. Kedua, apersepsi dengan mengulang kembali materi yang telah diajarkan. Ketiga, penanaman konsep. Keempat, pemahaman konsep. Kelima, keterampilan yaitu Latihan. Keenam, evaluasi. Ketujuh, penutup. (2) Problematika pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi meliputi 2 aspek, aspek internal dan aspek eksternal. Aspek internal yaitu muncul dari dalam diri santriwati, serta santriwati kurang dalam memahami tajwid dan makhorijul huruf. Lalu yang muncul karena faktor lingkungan, meliputi kegiatan pembelajaran yang kurang efektif karena kurangnya waktu ideal dalam pembelajaran Al-Qur’an serta kurangnya sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memutar murotal di lingkungan sekolah, mengulang-ulang materi yang telah diajarkan sebelumnya dan menggunakan metode sorogan serta privat satu persatu serta memaksimalkan pemakaian buku ajar sebagai media pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rizka Eliyana Maslihah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:57
Last Modified: 08 Jan 2024 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26938

Actions (login required)

View Item View Item