Penerapan Model Peer Tutor untuk Meningkatkan Daya Tangkap Siswa pada Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 02 Tonatan Ponorogo

Ningsih, Oktavia Ayu Cahya (2023) Penerapan Model Peer Tutor untuk Meningkatkan Daya Tangkap Siswa pada Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 02 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190285_Oktavia Ayu Cahya Ningsih_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ningsih, Oktavia Ayu Cahya. 2023. Penerapan Model Peer Tutor untuk Meningkatkan Daya Tangkap Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 02 Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Sofwan Hadi, M.Si.

Kata Kunci : Peningkatan, Daya Tangkap, Peer Tutor, Luas Bangun Datar

Dari hasil observasi penelitian, diketahui bahwa di dalam kelas IV di sekolah SDN 2 Tonatan Tonatan terdapat beberapa orang anak yang termasuk dalam kategori anak berdaya tangkap kuat dalam menyerap pembelajaran, dan ada juga beberapa anak yang memiliki daya tangkap lemah dalam menyerap pembelajaran melalui proses belajar mengajar di dalam kelas. Dari hasil observasi juga terlihat bahwa tidak ada model pembelajaran dan bagi siswa khususnya bagi siswa yang memiliki daya tangkap lemah, akan tetapi disamakan dengan siswa yang memiliki daya tangkap yang kuat atau anak yang aktif dalam pembelajaran lainnya. Dengan begitu model peer tutor dapat membantu pengajaran yang menarik agar siswa yang memiliki daya tangkap lemah dapat dibantu teman sebaya dengan daya tangkap kategori kuat terhadap suatu pelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Peer tutor pada materi luas bangun datar di kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo. (2) mengetahui daya tangkap siswa di kelas IV SDN 2 Tonatan yang berjumlah 20 siswa setelah diterapkannya model pembelajaran peer tutor.
Penelitian ini disusun menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo yang berjumlah 20 siswa.
Setelah peneliti yang bertindak sebagai guru menerapkan model pembelajaran peer tutor pada siklus I diperoleh nilai persentase klasikal sebesar 50% dengan kategori tidak tuntas, meskipun pada siklus I belum termasuk tuntas tetapi ada peningkatan yang terjadi antara pra tindakan dan siklus I, peningkatan yang terjadi yaitu sebesar 20%. Selanjutnya pada siklus II nilai persentase klasikal yang diperoleh sebesar 75% dengan kategori tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I, adapun peningkatan yang terjadi yaitu sebesar 50%. Selanjutnya pada siklus III persentase klasikal yang diperoleh yaitu sebesar 85% dengan kategori tuntas, pada siklus III juga mangalami peningkatan dari siklus II yaitu meningkat sebesar 10%. Peningkatan terjadi dikarenakan peneliti juga melakukan perbaikan pada setiap siklusnya agar pada pertemuan selanjutnya tidak terjadi kesalahan yang sama, sehingga pembelajaran berjalan semakin baik. Peningkatan-peningkatan nilai persentase klasikal yang terjadi pada setiap siklusnya membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran peer tutor dapat meningkatkan daya tangkap pada materi luas bangun siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:56
Last Modified: 08 Jan 2024 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item