Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di Sekolah Dasar Ma'arif Ponorogo

Rahayu, Mulyani (2023) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di Sekolah Dasar Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190073_MULYANI RAHAYU_PGMI (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahayu, Mulyani. 2023. Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe
Jigsaw Terhadap Kecerdasan Interpersonal di Sekolah Dasar Ma’Arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, InstituT Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Retno Widyaningrum, M.Pd
Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Jigsaw, Kecerdasan Interpersonal.
Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu dasar peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pembelajaran adalah model pembelajaran yang digunakan. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan bekerjasama serta menjalin hubungan sosial dengan baik adalah model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Kemampuan individu dalam menjalin hubungan sosial dengan baik serta berkomunikasi secara efektif juga sangat dibutuhkan dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas. Kamampuan ini disebut dengan kecerdasan interpersonal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecerdasan interpersonal siswa pada kelas konrtol. (2) kecerdasan interpersonal siswa pada kelas eksperimen (3) pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD Ma’arif Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain posttest-only nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini Siswa kelas III Sekolah Dasar Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari lima kelas, diantaranya adalah kelas III A, III B, III C, III D, dan III E. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode cluster samping. Pemilihan sampel sampel yang terpilih ialah kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket. Analisis data penelitian ini menggunakan uji independent sampel t test.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kecerdasan interpersonal siswa kelas kontrol berjumlah 6 kategori tinggi dengan persentase 16,66%, 22 kategori sedang dengan persentase 61,11% dan 8 kategori rendah dengan presentase 22,22%. (2) kecerdasan interpersonal siswa kelas eksperimen sejumlah 4 kategori tinggi dengan persentase 11,11%, 25 kategori sedang dengan persentase 69,44% dan 7 kategori rendah dengan persentase 19,44%. (3) Berdasarkan hasil analisis uji independent t tes, diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD Ma’arif Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:49
Last Modified: 08 Jan 2024 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

View Item View Item