Pembelajaran AL- Quran Dengan Metode Usmani Pada Siswa Usia Sekolah Dasar Di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo

Azizah, Ida Nur (2023) Pembelajaran AL- Quran Dengan Metode Usmani Pada Siswa Usia Sekolah Dasar Di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_IDA NUR AZIZAH_203180181.pdf

Download (1MB)

Abstract

Azizah, Ida Nur. 2023. Pembelajaran Al- Qur’an Dengan Metode Usmani Pada Siswa Usia Sekolah Dasar Di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA.
Kata kunci: Pembelajaran Al- Qur’an, Metode Usmani, Anak Usia SD.
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat dan rahmat bagi alam semesta. Sebagai Umat Islam diharapkan selalu berupaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam rangka peningkatan dan penghayatan serta pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini banyak metode pembelajaran Al-Qur’an yang muncul untuk menjawab tantangan yang dihadapi anak yang diharapkan dapat mempermudah belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar yang sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid. Seperti yang diterapkan di TPQ Bustanul Ulum yang merupakan lembaga non formal yang membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Usmani.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an Metode Usmani di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo, (2) mengetahui evaluasi pembelajaran Al- Qur’an melalui metode Usmani pada siswa usia sekolah dasar di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo, (3) mengetahui hasil kemampuan membaca Al- Qur’an dengan Metode Usmani pada siswa usia sekolah dasar di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan Studi Kasus. Metode pengambilan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan Metode Usmani Dalam Pembelajaran Al- Qur’an di TPQ Bustanul Ulum Ringinputih Sampung Ponorogo diawali dengan doa pembuka dilanjut membaca al- fatihah kepada para guru dan ulama, appersepsi atau ice breaking, penanaman konsep, pemahaman konsep, penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, materi yang digunakan yaitu Jilid 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Pembelajaran menggunakan metode klasikal- individual, klasikal baca simak dan bersama para ustad/ ustadah pengajar yang sudah sertifikasi. (2). Evaluasi pembelajaran Al- Qur’an Metode Usmani, guru harus mengadakan evaluasi atau tes lisan kemampuan membaca setiap peserta mengucapkan atau membunyikan huruf hija’iyah sesuai dengan makhrojnya. Tes tulis pegon dengan cara guru memberikan soal berupa huruf- huruf gandeng dan hija’iyah. Tes kenaikan jilid yang dilakukan oleh guru ahli Al- Qur’an yang sudah sertifikasi terhadap murid yang telah menyelesaikan jus atau modul yang telah dipelajari. (3). Hasil Kemampuan Membaca Al- Qur’an dengan Metode Usmani di TPQ Bustanul Ulum dikategorikan baik dengan nilai rata- rata fashohah yang sangat memuaskan. Dimana hal ini sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid sesuai aturan yang berlaku dengan benar, lancar, dan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:58
Last Modified: 08 Jan 2024 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item View Item