Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Panca Indera Bermuatan Nilai-Nilai Islami Kelas 4 SD/MI

Pratiwi, Esti Wira (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Panca Indera Bermuatan Nilai-Nilai Islami Kelas 4 SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190041_ ESTI WIRA PRATIWI_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran monopoli panca indera bermuatan nilai-nilai islami, dikembangkan karena pada proses pembelajaran guru masih terpaku pada buku ajar tanpa bantuan media pembelajaran lainnya sehingga menyebabkan kebosanan dan kemonotonan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu masih minim pembelajaran pengetahuan yang termuat nilai-nilai islami.
Pengembangan media pembelajaran monopoli ini bertujuan untuk menghasilkan media yang mengedukasi siswa dengan memadukan nilai-nilai islami dalam pengetahuan dan pemberian reward sebagai simbol penghargaan terhadap keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan media pembelajaran yang up date akan menumbuhkan minat belajar siswa, memberikan suasana baru dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton, dan menumbuhkan kreativitas siswa.
Penelitian ini dilakuhkan di MI Mamba’ul Huda Ngabar kelas IV dengan jumlah responden 25 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research And Development (R&D) yang meliputi tahap ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran monopoli berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media dan diterapkan pada kelas IV dengan responden 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan instrumen tes/soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis data akhir menggunakan uji N-Gain.
Hasil peneltian dari validitas materi oleh dua validator ahli materi memperoleh persentase 80% dengan kategori layak. Dan untuk validitas media oleh dua validator ahli media memperoleh persentase 78% dengan kategori layak. Sedangkan secara keseluruhan validitas oleh ahli materi dan ahli media memperoleh nilai rata-rata 79% dengan kategori layak. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran monopoli layak untuk digunakan. Pada instrumen pengguna juga menyatakan bahwa media layak digunakan dengan memperoleh nilai rata-rata persentase 83%. Sedangkan untuk tingkat efektifitas dari pengembangan media pembelajaran monopoli panca indera bermuatan nilai-nilai islami ini di hitung melalui uji N-Gain Score dengan menghitung selisih nilai pretest dan nilai posttest. Sehingga dari perhitungan N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain Score adalah 0,5792 dengan klasifikasi sedang. Sedangkan dari nilai N-Gain Score Presen diperoleh rata-rata sebesar 57,8872 dengan tafsiran cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:52
Last Modified: 08 Jan 2024 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26909

Actions (login required)

View Item View Item