..LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Di SMA IMMERSION PONOROGO

Bagus Wijaya, Rahmadi (2023) ..LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Di SMA IMMERSION PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI RAHAMDI BAGUS WIJAYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan inklusi lahir atas dasar prinsip bahwa layanan sekolah seharusnnya diperuntukan untuk semua siswa tanpa menghiraukan perbedaan yang ada, baik siswa dengan kondisi kebutuhan khusus, perbedaan sosial, emosional, cultural, maupun bahasa.Untuk melaksanakan program pendidikan inklusif, maka berbagai komponen pendidikan yang biasannya digunakan dalam oprasionalisasi kegiatan pendidikan perlu di sesuaikan dengan visi misi pendidikan inklusif. Selain itu juga ada beberapa komponen-komponen yang harus di penuhi dalam melaksanakan pendidikan inklusif antara lain, regulasi yang kuat untuk menjadi landasan pelaksanaan program ini, kurikulum yang berdiferensiasi dan fleksibel, metode dan strategi pembelajaran yang akomodatif dan variatif, evaluatif yang komperhensif, sarana dan prasarana yang mendukung, dan penyedian tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi yang handal.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan konsep pendidikan inklusif di SMA Emmersion Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pengimplementasian kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan konsep pendidikan inklusif bagi di siswa SMA Emmersion Ponorogo. (3) Untuk mengetahui hasil kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan konsep pendidikan inklusif bagi siswa di SMA Emmersion Ponorogo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi yang rinci, lengkap, dan mendalam tentang situasi yang di teliti, pendekatan ini digunakan untuk mendukung penyajian data yang diperoleh, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data peneliti mengunakan pendekatan berdasarkan lamannya waktu penelitian, trigulasi sumber, dan metode
Hasil dari penelitian ini menjunjukan strategi kepala sekolah SMA IMMERSION Ponorogo dalam menciptakan pendidikan inklusif di ponorogo.Strategi kepala sekolah SMA Immersion Ponorogo (a) pemahaman mengenai konsep, prinsip, dan kebijakan-kebijakan penyelengaraan pendidikan inklusif kepada seluruh tenaga pendidik dan kepandidikan, (b) pengoptimalan menejerial pendidikan inklusif mulai dari manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, mananjemen tenaga kependidikan, mananjemen sarana prasarana , manajemen pembiaayaan dan manajemen hubungan masyrakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:38
Last Modified: 08 Jan 2024 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item