Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini di Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk

Maulida, Silma Raizhannah (2023) Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini di Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SILMA RAIZHANNAH MAULIDA 205190025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maulida, Silma Raizhannah. 2023. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam
Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini di Kelurahan Kramat
Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan
Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, MA.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemandirian Anak, Pola Asuh Orang Tua,
Pola asuh orang tua ini merupakan seluruh interaksi yang dilakukan oleh
orang tua untuk memberikan dukungan kepada anak, dengan cara mengubah
tingkah laku, mental serta nilai-nilai yang menjadikan seorang anak menjadi
pribadi yang mandiri, percaya diri serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola asuh yang diterapkan orang tua
kepada anak usia 4 sampai 5 tahun yang ditemukan di Kelurahan Kramat
Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk, yaitu orang tua dan anak selalu
melakukan diskusi jika ingin melakukan suatu hal, orang tua terlalu
membebaskan anak, orang tua sering memberikan sebuah hadiah kepada anak
serta orang tua terlalu keras mendidik anak.
Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui profil pola asuh orang tua di
Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk (2) faktor-faktor
yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini di Kelurahan Kecamatan
Nganjuk Kabupaten Nganjuk (3) kontribusi pola asuh orang tua dalam
kemandirian anak usia dini di Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk
Kabupaten Nganjuk.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan studi kasus, dan bersifat deskripstif. Penelitian dilakukan di
Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara secara
langsung serta dokumetasi dengan subjek empat orang tua dari empat anak
yang berusia 4-5 tahun. Analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian
data serta penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan
proses analisis data yang bertujuan untuk menarik kesimpulan dari proses
penelitian tersebut.
Berdasarakan hasil penelitian yang telah diperoleh terdapat tiga jenis pola
asuh yang diberikan orang tua yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter
dan pola asuh permisif dalam melatih kemandirian anak usia 4-5 tahun.
Dalam pola asuh untuk melatih kemandirian terdapat faktor mempengaruhi
kemandirian anak yaitu faktor lingkungan, pola asuh serta pendidikan. Dari
faktor tersebut ada kontribusi pola asuh dalam kemandirian anak yang
berbeda seperti pola asuh demokratis anak akan menjadi pribadi yang lebih
mandiri, pola asuh otoriter anak menjadi pribadi yang kurang percaya diri
atau ragu-ragu dan pola asuh permisif anak cenderung sering meminta
bantuan. Dari hal tersebut kemandirian anak bisa dilihat dari segi fisik anak,
mental, kreatif dan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:34
Last Modified: 08 Jan 2024 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item