..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Temu Manten di Desa Duri, Kec. Slahung, Kab. Ponorogo.

Dwi Ratnasari, Shintia (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Temu Manten di Desa Duri, Kec. Slahung, Kab. Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SHINTIA DWI RATNASARI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Ratnasari, Shintia Dwi. 2023. Nilai- Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Temu Manten di Desa Duri, Kec. Slahung, Kab. Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd. I.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Islam, Akidah, Akhlak, Ibadah, Tradisi Temu Manten.
Budaya sebagai media dalam mendukung adanya penyebaran agama Islam di Nusantara, salah satu wujud implementasi nilai Pendidikan agama disisipkan melalui kebudayaan, salah satunya adalah melalui tradisi pernikahan adat Jawa yakni upacara tradisi temu manten. Upacara tradisi pernikahan temu manten merupakan budaya lokal yang dilestarikan hingga sekarang, hal tersebut dilakukan sebagai wujud akulturasi budaya. Dalam tradisi temu manten terdapat berbagai urutan prosesi yang memiliki makna tersirat di dalamnya, mengandung berbagai nilai kebaikan yang selaras dengan syariat agama Islam, terdapat berbagai kesenjangan atau keunikan di dalam tradisi temu manten yang dipengaruhi oleh budaya dan juga tradisi sekitar. Tradisi temu manten yang dilaksanakan di di desa Duri Kec. Slahung, Kab. Ponorogo, meliputi beberapa prosesi inti yang masih dilaksanakan hingga sekarang diantaranya adalah balangan gantal, kembar mayang, ngideg endog (wiji dadi), sinduran, kacar- kucur, dulangan, dan sungkeman.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut :1) Mendeskripsikan nilai pendidikan akidah dalam tradisi temu manten, 2) Mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak dalam tradisi tradisi temu manten, 3) Mendeskripsikan nilai pendidikan ibadah dalam tradisi temu manten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yang pada tahapannya meliputi sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, verifikasi (kesimpulan).
Dari hasil penelitian ini telah ditemukan (1) Nilai pendidikan akidah pada prosesi balangan gantal (Beriman kepada takdir Allah Swt). (2) Nilai pendidikan akhlak, prosesi ngideg endog (tanggung jawab, hormat dan setia kepada pasangan), dulangan ( kasih sayang dan menghormati pasangan ), sinduran (berbakti kepada orangtua, ikhlas, keberanian ), sungkeman (hormat dan berbakti kepada orangtua). (3) Nilai pendidikan ibadah meliputi prosesi kacar-kucur (bertanggung jawab), dulangan (melayani pasangan, kewajiban nafkah, kasih sayang), sungkeman (berbakti kepada orangtua).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:45
Last Modified: 08 Jan 2024 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26888

Actions (login required)

View Item View Item