Isarotunisa, Isarotunisa (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kisah Khalifah Umar bin Khattab dan Relevansinya Dengan Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190111 ISAROTUNISA PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sejarah sering tercerabut dari konteks dan makna. Padahal pemahaman sejarah yang berpijak pada konteks akan menghadirkan makna bagi orang yang mau belajar sejarah. Pendidikan karakter sangat bagus jika berpedoman dengan menanamkan karakter kepemimpinan melalui keteladanan
karakter yang dimiliki oleh Khalifah Umar bin Khattab, melalui standar kompetensi lulusan yang berfungsi sebagai kriteria dalam menentukan kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan yang mencakup aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter Umar bin Khattab (2) Menganalisis relevansinya dengan Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Sedangkan analisis data menggunakan (analisys content). Data yang dicantumkan terdiri dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data
primer berasal dari kitab Si>ratu Ami>ril Mu’mini>n Umar bin Khattab, sedangkan data sekunder berupa karya ilmiah, buku-buku, artikel, jurnal, dan lainlain yang memiliki hubungan dengan Standar Kompetensi Lulusan PAI di SMP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Khalifah Umar bin Khattab dalam kitab Si>ratu Ami>ril Mu’mini>n Umar bin Khattab dapat peneliti ambil ada 5 nilai yaitu ketakutannya kepada Allah, zuhud, wira'i, rendah hati, bijaksana. Relevansi karakter ketakutannya kepada Allah dengan melakukan introspeksi diri mempunyai relevansi dengan standar kompetensi lulusan PAI pada aspek meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada qadha dan qadar serta Asmaul Husna, aspek menerapkan tata cara membaca Al-Qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf,dan aspek menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunah. Karakter zuhud dan rendah hati mempunyai relevansi dengan standar kompetensi lulusan PAI pada aspek memahami dan meneladani sejarah nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara. Karakter wira'i dan bijaksana mempunyai relevansi dengan standar kompetensi lulusan PAI pada aspek menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab
dan namimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Miftachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 01:43 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 01:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26862 |
Actions (login required)
View Item |