Nilai-nilai Karakter Siswa dalam Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di MI Ma'arif Sabilul Muttaqin Bungkal Ponorogo

Sari, Nur Indah (2023) Nilai-nilai Karakter Siswa dalam Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di MI Ma'arif Sabilul Muttaqin Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190080_NUR INDAH SARI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (739kB)

Abstract

Kegiatan ekstrakulikuler seni tari di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin ini di dirikan sebagai upaya untuk mewadahi bakat dan minat serta untuk menumbukan nilai pendidikan karakter peserta didik. Sebelum adanya kegiatan ekstra seni tari perilaku peserta didik di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin kurang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karaker, seperti halnya kurang disiplin, kurang bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai peserta didik, serta sebagian peserta didik terlihat sering melanggar peraturan sekolah. Oleh karena itu MI Ma’arif Sabilul Muttaqin mengadakan kegiatan eksrakurikuler seni tari yang mana dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakulikuler seni tari di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin telah berjalan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin; (2) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam ekstrakurikuler seni tari di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin; (3) dampak ekstrakurikuler seni tari terhadap karakter siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses kegiatan esktrakurikuler seni tari di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin di awali dengan pemanasan terlebih dahulu, kemudian pemberian materi dan sebelum latihan diakhiri pelatih memberikan motivasi kepada peserta didik serta ditutup dengan doa. (2) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam ekstrakurikuler seni tari tradisional di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin antara lain nilai religi, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai santun, nilai rasa percaya diri, nilai cinta lingkungan dan cinta terhadap budaya daerah. Hal ini dapat ditunjukkan melalui kebiasaan peserta didik yang selalu datang tepat waktu, selalu menjaga kebersihan saat dikelas, saling bekerja sama antar sesama teman, serta membiasakan diri selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan kegiatan seni tari. (3) Ekstrakurikuler seni tari memberikan dampak yang positif terhadap karakter peserta didik di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin, antara lain peserta didik mengikuti kegiatan upacara dengan tertib dan disiplin, selalu peduli terhadap teman yang membutuhkan pertolongan, selalu berdoa pada saat sebelum atau sesudah melakukan kegiatan, menumbuhkan rasa semangat belajar peserta didik, serta peserta didik terbiasa untuk selalu mengikuti kegiatan sholat zuhur berjamah dimasjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:40
Last Modified: 02 Jan 2024 05:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item