Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Wakhid, Achmad Nur (2023) Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
201190002 ACHMAD NUR WAKHID PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wakhid, Achmad Nur. 2023. Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah pada Siswa Kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Religius, Budaya Sekolah
Di Indonesia masih banyak sekolah yang memiliki proses belajar mengajar yang tidak sesuai dengan budaya sekolah yang seharusnya. Hal ini didasarkan pada peraturan nilai-nilai karakter yang sudah ada, tetapi dalam penerapannya kurang maksimal seperti diantaranya adalah, beberapa siswa yang tidak menaati aturan yang sudah diberlakukan, melakukan tindakan yang melenceng dari budaya sekolah yang sudah menjadi kebiasaan warga sekolah, kurang perhatiannya siswa dalam beribadah serta berjamaah, kurangnya kedisplinan peserta didik dalam memakai seragam sekolah. Salah satu sekolah tingkat menengah kejuruan yang memiliki budaya sekolah yang sudah berjalan dan dari budaya sekolah tersebut sekolah menanamkan Pendidikan karakter adalah SMKN 1 Badegan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penerapan nilai Pendidikan karakter Religius melalui budaya sekolah pada siswa kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023; (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai Pendidikan karakter religius pada siswa kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023
Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang dteliti adalah SMKN 1 Badegan dengan subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru Pendidikan agama Islam, serta siswa kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan. Teknik analisis yang digunaka Peneliti adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penenerapan Nilai Pendidikan karakter religius yang dilakukan melalui budaya sekolah diantaranya adalah metode teladan yang diterapkan pada budaya upacara bendera, disiplin tata tertib, dan melaksanakan piket harian. Metode pembiasaan yang diterapkan pada budaya baca Al-Qur’an satu hari satu juz, pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah, pelaksanaan sholat jum’at berjamaah, pembiasaan sholat dhuha berjamaah, infaq setiap hari senin dan jum’at, dan jabat tangan. Dan yang terakhir adalah metode nasehat pengajian rutin setiap bulan; (2) Faktor pendukung penerapan nilai Pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah pada siswa kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan diantaranya adalah semangat belajar siswa, kesadaran guru akan pentingnya belajar, lingkungan sekolah yang memadai, serta budaya sekolah yang beragam. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat penerapan nilai Pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah pada siswa kelas XI TKJ 5 SMKN 1 Badegan diantaranya adalah kurangnya kesadaran pada siswa dan waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu’man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:40
Last Modified: 02 Jan 2024 05:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26859

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item