Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Jujur Santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo

Mustaqim, Imam (2023) Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Jujur Santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190383_IMAM MUSTAQIM_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mustaqim, Imam. 2023. Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial dan Jujur Santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata kunci: Penanaman Karakter, Peduli Sosial, Jujur, Pondok Pesantren
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa memisahkan dirinya dengan orang lain. Untuk membangun kegiatan sosial yang baik perlu adanya pengetahuan dan pengalaman serta pembiasaan terhadap seseorang yang dapat dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan karakter adalah proses mendidik seseorang dengan cara menanamkan perilaku atau kebiasaan yang baik dalam kehidupan, sehingga mereka mempunyai kesadaran yang mendalam dan komitmen untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada praktiknya dalam hal ini masih banyak kasus penyelewengan yang berkaitan dengan sosial dan yang terlahir dari sikap tidak tidak jujur dan tidak peduli sesama. dengan adanya problem ini institusi pendidikan utamanya adalah pondok pesantren sangat berperan penting dalam menangulangi hal ini karena pondok pesantren adalah istitusi pencetak kader penerus bangsa yang diyakini mampu untuk menumbuhkan karakter sejak dini. Santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi mengalami sedikit masalah, seperti ada yang mencuri, membentuk kelompok kecil atau geng, dan lain sebagainya. Dengan adanya kasus tersebut Pondok Pesantren Daarul Hizbi ini mempunyai tekad untuk mendidik karakter jujur dan peduli sosial dengan masif dengan segala program dan kajiannya. Diantarannya adalah dengan adanya kajian kitab akhlak jujur dan peduli sosial, adanya tarekat sebagai cara memurnikan akhlak dan jiwa terutama kejujuran dan peduli sosial santri. Dengan demikian, secara perlahan santri mampu merubah sifat buruknya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penanaman karakter peduli sosial santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo. 2) Mendeskripsikan penanaman karakter jujur santri di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo. 3) Menganalisis implikasi penanaman karakter peduli sosial dan jujur pada sikap keseharian santri Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo.
Untuk menghasilkan tujuan penelitian di atas, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data berasal dari tindakan, kata-kata, dan dokumen yang ada dan dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil dari data yang ditemukan bahwa 1) upaya penanaman karakter peduli sosial santri di Pondok pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo yaitu pertama, menciptakan kerukunan dan kebersamaan dalam setiap kegiatan. Kedua, membiasakan santri untuk mengikuti kegiatan sosial. Ketiga, menekankan sifat empati terhadap teman. 2) Upaya penanaman karakter jujur yang dilakukan di Pondok Pesantren Daarul Hizbi Grogol Sawoo Ponorogo terhadap santri yaitu: pertama, menjadikan ustaz dan ustazah sebagai figur keteladanan. Kedua, membiasakan santri untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan. Ketiga, menanamkan kejujuran dengan bercerita. 3) Implikasi penanaman karakter peduli sosial dalam keseharian santri Pondok Pesantren Daarul Hizbi yaitu: peka terhadap sosial, saling membantu sesamanya, dan mempunyai solidaritas. Adapun implikasi karakter jujur terhadap perilaku keseharian santri Pondok Pesantren Daarul Hizbi adalah santri dapat berkata apa adanya, berani mengakui kesalahannya, dan memiliki tekad yang kuat dan cita-cita yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:27
Last Modified: 02 Jan 2024 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26854

Actions (login required)

View Item View Item