PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MELATIH KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 094 SOOKO KECAMATAN SOOKO PONOROGO

Khusna, Binti Sa'idatul (2023) PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MELATIH KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 094 SOOKO KECAMATAN SOOKO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205180032_BINTI SA'IDATUL KHUSNA_PIAUD.pdf

Download (569kB)

Abstract

Finger painting merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk
mengembangkan ekspresi melalui media lukis dengan gerakan tangan,
mengembangkan fantasi, imajinasi dan kreasi, melatih otot-otot jari (motorik
halus), koordinasi otot dan mata, melatih kecakapan mengkombinasikan warna,
memupuk perasaan terhadap gerakan tangan, dan memupuk perasaan keindahan.
Kreativitas merupakan suatu aktivitas dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu
atau kombinasi baru berdasarkan unsur-unsur yang telah ada sebelumnya menjadi
sesuatu yang berarti dan bermanfaat. Kreativitas pada anak usia dini tententunya
perlu adanya stimulus dengan menyediakan permainan, sarana ataupun media
yang dapat membantu merangsang kreativitasnya, dengan adanya permainan yang
menstimulus perkembangan kreativitas anak sangat di perlukan untuk
mendapatkan hasil dan tujuan yang akan di capai dengan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan finger
painting pada anak usia 5 – 6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo, (2)
mendeskripsikan pengaruh finger painting dalam melatih kreativitas anak usia 5 –
6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo.
Untuk mendeskripsikan pernyataan di atas penelitian ini di rancang
dengan rancangan deskriptif dan dilaksanakan di RA Muslimat NU 094 Sooko
Ponorogo. Sumber data dari penelitian ini adalah seorang guru kelas dari
kelompok B RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu: reduksi data dengan
merangkum/meringkas data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi:
penyajian data dalam bentuk teks naratif; dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa (1) Penerapan kegiatan finger painting di RA Muslimat NU
094 Sooko diterapkan setiap dua minggu sekali sesuai dengan tema pembelajran,
kegiatan finger painting yang diterapkan adalah kegiatan mengecap jari tangan
membentuk sebuah bentuk atau hewan, dan membuat karya dengan mengecap
menggunakan satu jari tangan. Proses kegiatan finger painting diawali dengan
persiapan alat dan bahan dan pembagian kelompok, penjelasan kegiatan, proses
kegiatan dan penilaian. (2) Keterkaitan kegiatan finger painting dalam melatih
kreativitas anak usia 5 – 6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko adalah anak
dapat berimajinasi dalam berkarya, anak bebas mengekspresikan diri mereka
sendiri dalam bentuk karya melalui kegitan finger painting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:47
Last Modified: 02 Jan 2024 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item