Pengaruh Motivasi dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keterampilan Berbicara pada Muhadharah di MTs Darul Falah Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Insyrani, Fadhilla (2023) Pengaruh Motivasi dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keterampilan Berbicara pada Muhadharah di MTs Darul Falah Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
201190360_FADHILLA INSYRANI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik. Banyak kegiatan untuk mengasah keterampilan berbicara, termasuk di MTs Darul Falah Ponorogo yang memiliki kegiatan muhadharah atau pidato. Akan tetapi bukan hal mudah peserta didik melakukan pidato. Terkadang mereka masih sering merasa gugup, takut, malu, sehingga saat tampil melakukan beberapa kesalahan. Perasaan-perasaan negatif yang timbul itu ialah bentuk kecemasan berbicara. Banyak faktor yang menjadi penyebab kecemasan berbicara, diantaranya adalah kurangnya motivasi dan kepercayaan diri.
Penelitian berikut bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh motivasi terhadap keterampilan berbicara siswa pada muhadharah di MTs Darul Falah, (2) mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara siswa pada muhadharah di MTs Darul Falah, (3) mengetahui pengaruh motivasi dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara siswa pada muhadharah di MTs Darul Falah Ponorogo.
Penelitian yang dilakukan untuk menjawab masalah tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji yang digunakan ialah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas VII di MTs Darul Falah dengan teknik sampling simple random sampling, dari 116 siswa diambil 30% sampel menghasilkan 35 sampel penelitian.
Adapun pengambilan penelitian menggunakan kuesioner atau angket.
Berdasarkan hasil dari analisis data yang telah dilakukan maka: (1) Terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap keterampilan berbicara pada muhadharah kelas VII di MTs Darul Falah Ponorogo dengan pengaruh sebesar 55,8% dan 44,2% sisanya dipengaruhi faktor lain. (2) Terdapat pengaruh signifikan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara pada muhadharah kelas VII di MTs Darul Falah Ponorogo
sebesar 52,1% dan 47,9% lainnya dipengaruhi faktor lain. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara pada muhadharah kelas VII di MTs Darul Falah Ponorogo sebesar 64,1%, sedangkan 35,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:44
Last Modified: 02 Jan 2024 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26848

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item