MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA KELOMPOK B1 ABU BAKAR DI TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO

Yahya, Sasa Yuhar (2023) MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA KELOMPOK B1 ABU BAKAR DI TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
1.2 SKRIPI_SASA YUHAR YAHYA. SIAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yahya, Sasa Yuhar. 2023. Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan pada Kelompok BI Abu Bakar di TKIT 01 Qurrota A'yunPonorogo Tahun pelajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ratna Nila Puspitasari, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Metode Pembiasaan
Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh seorang manusia dalam membentuk perkembangan jiwa, rohani, batin, mental serta moral seseorang untuk mengarahkan kepada hal-hal yang bersifat kerohanian dengan berpondasikan kepada pemikiran ajaran Allah. Metode pembiasan adalah suatu cara yang dilakukan secara konsisten dan kontinu untuk melatih serta membiasakan anak dengan sebuah tujuan sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan di kemudian hari. Penerapan pembiasaan di TKIT 1 Qurrot A’yun Ponorogo pada dasarnya dimulai saat anak pertama menginjak bangku pendidikan. Pembiasaan nilai-nilai spiritual pada kelompok B1 sudah berkembang sesuai harapan, hal ini dapat dilihat dalam keseharian anak sudah bisa mengucapkan salam saat bertemu guru, berdoa sebelum dan sesudah berkegiatan, berdoa dengan tertip, mengetahui agama yang dianut, berperilaku dan bertutur kata baik, berpartisipasi dalam hal keagamaan, mengikuti sholat dhuha dan dzuhur, makan dan minum dengan duduk, menolong teman dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan: 1). Mengidentifikasi bagaimana meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan pada kelompok B1 Abu Bakar di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo, 2). Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan pada kelompok B1 Abu Bakar di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo, 3). Mengidentifikasi bagaimana capaian kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan pada kelompok B1 Abu Bakar di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi di kelas B1 Abu Bakar di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo, wawancara dengan sumber data Guru Kelas B1 dan Kepala Sekolah, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Mileas dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1). dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak melalui metode pembiasaan baik di sekolah ataupun di rumah perlu dilakukan secara konsisten dan kontinyu dengan sebuah tujuan, sehingga diharapkan menjadi sebuah kebiasaan yang terus dilakukan agar menjadi generasi yang berkarakter mulia yang menjadi harapan di masa yang akan datang. 2). pengembangan kecerdasan spiritual anak dalam dunia pendidikan dapat dilakukan melalui penanaman nilai – nilai agama dan moral meliputi: (a). membiasakan mendengarkan anak dongeng atau cerita keagamaan atau cerita baik kepada anak sesuai dengan nilai agama dan moral anak. (b). menstimulus anak untuk berperilaku baik terhadap mahluk ciptaan Tuhan. (c). melakukan praktik ibadah dan mengenalkan tempat ibadah. faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan yaitu: (a). faktor pembawaan (b). faktor lingkungan. 3). pada capaian perkembangan anak sesuai dengan Standar permendikbud 137 tahun 2014 tentang perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun dikatakan berkembang sesuai dengan harapan. Hal tersebut ditandai dengan anak sudah terbiasa melakukan sholat jamaah, menolong orang lain, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan mengetahui hari besar Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:10
Last Modified: 28 Dec 2023 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26838

Actions (login required)

View Item View Item