Personal Branding Dakwah Husain Basyaiban Melalui TikTok @kadamsidik00

Purnamasari, Rista (2023) Personal Branding Dakwah Husain Basyaiban Melalui TikTok @kadamsidik00. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AKHIRNYA SKRIPSI (ETHESIS) 2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial telah menjadi
salah satu platform utama untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah Islam dan
membangun koneksi dengan audiens yang lebih luas salah satunya media sosial
TikTok. Dakwah di TikTok bukan hanya tentang menyampaikan pesan keagamaan,
tetapi juga melibatkan pembentukan personal branding yang kuat sebagai seorang
konten kreator dakwah. Salah satu tokoh yang mencapai ketenaran melalui media
sosial TikTok dalam bidang dakwah adalah Husain Basyaiban.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai spesialisasi, nilai
kepemimpinan, nilai kepribadian, nilai perbedaan, nilai keterlihatan, nilai kesatuan,
nilai keteguhan dan nilai nama baik pada konten dakwah Husain Basyaiban di
TikTok @kadamsidik00. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi
deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan aspek personal
branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan, bentuk personal branding Husain Basyaiban
melalui media sosial TikTok @kadamsidik00 sesuai dengan delapan konsep
personal branding oleh Peter Montoya; Pertama, Husain memiliki nilai spesialisasi
sebagai ahli dalam menjelaskan video kontennya yang berfokus dalam bidang
dakwah. Nilai kepemimpinan Husain dalam konten di akun TikTok-nya selalu
memberikan solusi dan ahli dalam menjawab pertanyaan netizen atau mad’u. Lalu
pada nilai kepribadian Husain menampilkan sosok teman yang multi talenta dalam
memberikan dakwah yang ia unggah. Kedua, Nilai perbedaan Husain memiliki ciri
khas dalam membuat konten yang mengangkat isu yang sedang tren maupun
relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pada nilai keterlihatan, menunjukkan Husain
secara konsisten mengunggah konten tentang dakwah. Nilai kesatuan menunjukkan
bahwa konten yang dibagikan Husain di media sosial TikTok-nya telah relevan
dengan kesehariannya sebagai mahasiswa jurusan ilmu hadis yang mempelajari
tentang keislaman. Ketiga, Nilai keteguhan yang di miliki akun TikTok
@kadamsidik00 adalah dalam membuat konten yang bertema mengenai dakwah
keislaman telah dilakukan sejak dahulu dan konsisten hingga saat ini. Lalu pada
nilai nama baik yakni pada akun TikTok @kadamsidik00 dalam memproduksi
konten selalu membawa pengaruh positif kepada netizen atau mad’u nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:16
Last Modified: 08 Jan 2024 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item