Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan

Wardani, Desi Fitria (2023) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317364_Desi Fitria Wardani_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Wardani, Desi Fitria. 2023. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Religiusitas

Adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) diharapkan menjadi angin segar bagi orangtua yang menginginkan anaknya untuk lebih memahami dan mendalami ilmu agama. Namun pada kenyataanya saat ini banyak permasalahan maraknya anak-anak yang tidak menerapkan atau mengabaikan keharusan dalam agama Islam seperti sholat, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu melalui TPQ, anak akan dididik sejak dini untuk mendalami ilmu agama, sehingga akan terbiasa dengan hal keagamaan, anak akan lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan menulis, membaca, memahami serta mengamalkan ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak. (2) Mengetahui Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak. (3) Mengetahui Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak. (4) Mengetahui Keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajikan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan; a) merumuskan tujuan khusus, b) menentukan kegiatan belajar mengajar, c) menentukan orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran, d) menentukan bahan untuk belajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan; a) kegiatan pendahuluan dilaksanakan sebelum masuk pada materi inti, b) kegiatan inti dilaksanakan ketika saat memulai proses pembelajaran, c) kegiatan penutup dilaksanakan pada akhir pembelajaran sebelum guru keluar kelas. (3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan; a) proses evaluasi dimulai dengan merumuskan tujusan evaluasi, b) menghimpun data yaitu melalui tes ulangan harian dan tes ulangan akhir semester, c) mengolah dan menganalisis data dilakukan ketika guru sedang mengisi nilai rapot, d) tindak lanjut dan hasil evaluasi yang bertujuan untuk mempertahankan hasil capaian selama ini dan rencana kelanjutan program ke arah yang lebih baik dan unggul. (4) Keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas anak di TPQ Yayasan Kyai Haji Sarbini Desa Bulak Bendo Magetan; a) peningkatan pengetahuan melalui membaca Al-Qur’an apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah hukum tajwid atau belum, hafalan surah-surah pendek sesuai dengan tratil, doa sehari-hari, pemahaman fikih guna untuk mengetahui hukum-hukum syariat Islam, b) peningkatan ibadah melalui sholat 5 waktu dan sholat jamaah ketika di TPQ, akhlak melalui penerapan budi pekerti atau akhlak baik itu di lingkungan TPQ maupun luar TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:42
Last Modified: 22 Dec 2023 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26819

Actions (login required)

View Item View Item