Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Tulung

Widyaningsih, Amin (2023) Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Tulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI AMIN WIDYANINGSIH.pdf

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK
Amin Widyaningsih, 2023, Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Moral
Anak Usia Sekolah Dasar, Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Dampak, Gadget, Perkembangan Moral dan Anak Usia Sekolah Dasar
Penggunaan gadget pada dasarnya diperkenankan pada kalangan dewasa
tetapi karena seiring perkembangan zaman anak-anak mulai mengikuti kebiasaan
orang-orang yang ada disekitarnya yakni ikut menggunakan gadget. Anak-anak yang
seharusnya fokus untuk belajar, berinteraksi atau bermain dengan teman sebayanya
justru lebih nyaman dengan gadgetnya. Hal tersebut terjadi pada anak usia usia
sekolah dasar di desa Tulung. Banyak anak-anak yang sudah bermain gadget sejak
dini dan itu berdampak pada aspek perkembangannya salah satunya yaitu
perkembangan moral. Disamping permasalahan tersebut, Desa Tulung memiliki
keunggulan dalam bidang pendidikan diantaranya memiliki 2 pondok pesantren yaitu
Pondok Al-Kholily dan Pondok Al-Bukhori yang selalu mengalami kemajuan
disetiap tahunnya. Pondok tersebut merupakan sebuah aset yang dimiliki oleh Desa
Tulung untuk ikut mendorong kemajuan dalam aspek pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan gadget dan
mendeskripsikan dampak yang terjadi setelah penggunaan gadget terhadap
perkembangan moral anak usia sekolah dasar di Desa Tulung Kecamatan Sampung
Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan dengan cara
mengumpulkan data dan juga informasi yang berasal dari responden secara langsung.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemanfaatan gadget pada anak
usia sekolah dasar di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo antara
lain mengakses youtube untuk menonton video Upin Ipin, video komedi dan kesenian
Jaranan. Kemudian untuk mengakses game online Mobile Legend, Fire Fire, Sakura
dan Tiktok. Terkait dampak penggunaan gadget antara lain dalam bidang pendidikan
dampak positifnya adalah menambah pengetahuan menjadi luas dan sebagai media
belajar. Sedangkan dampak negatifnya yaitu anak menjadi malas dalam belajar
sehingga mengalami penurunan prestasi di sekolah. Kemudian Untuk dampak
penggunaan gadget dalam keluarga adalah kurangnya komunikasi antar anggota
keluarga, anak menjadi pemarah dan tidak patuh terhadap perintah orang tua dan
untuk dampak di lingkungan masyarakat antara lain anak menjadi pribadi yang
tertutup atau introvert dan tidak aktif dalam kegiatan di masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:43
Last Modified: 22 Dec 2023 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item