PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI KELAS IX SMPN 1 SAMBIT

LATTHIFUROSYUDIN, ARIZQI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI KELAS IX SMPN 1 SAMBIT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
208180013_ARIZQI LATTHIF.pdf

Download (748kB)

Abstract

ABSTRAK
Latthifurosyudin, Arizqi. 2023. Penerapan Pembelajaran Kolaboratif di Kelas IX SMPN 1 Sambit.Skripsi.Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nastiti Mufidah. M.Pd.

Kata Kunci : Pembelajaran, Metode Kolaboratif, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup serta pendidikan dapat diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan memegang peranan penting dalam menjaga martabat bangsa. Oleh karena itu, Indonesia menyematkan tujuan pendidikan nasional dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pembelajaran kolaboratif (Colaborative Learning) merupakan model pembelajaran yang menerapkan paradigma baru dalam teori-teori belajar. Pendekatan ini dapat digambarkan sebagai suatu model pembelajaran dengan menumbuhkan para siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan yang sama. Pendekatan kolaboratif bertujuan agar siswa dapat membangun pengetahunnya melalui dialog, saling membagi informasi sesama siswa dan guru sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan mental pada tingkat tinggi. Model ini digunakan pada setiap mata pelajaran terutama yang mungkin berkembangkan sharing of information di antara siswa. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti melakukan dialog atau wawancara secara mendalam kepada subjek yang diteliti yaitu guru kelas IX di SMPN 1 Sambit, untuk memperoleh data-data secara lisan yang kemudian untuk dicatat atau direkam oleh peneliti.
Hasil penenelitian menunjukan (1) guru melaksanakan pemelajaran dengan metode kolaboratif meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) hasil dari pembelajaran menggunakan metode kolaboratif dapat meningkatkan prestasi siswa. (3) penggunaan metode pembelajaran kolaboratif selain meningkatkan dalam prestasi siswa juga dapat meningkatkan antusias siswa yang kurang aktif mengikuti pembelajaran, sebelum guru menggunakan metode pembelajaran kolaboratif hasil belajar siswa cukup dengan adanya metode pembelajaran kolaboratif ini hasil belajar bisa meningkat dibandingkan sebelum diterapkannya metode pembelajaran kolaboratif di kelas IX SMPN 1 Sambit. Penerapan pembelajaran kolaboratif dapat menghadapi sejumlah hambatan. Salah satu kendala utama adalah keterbatasan sumber daya. Selain itu, perbedaan kemampuan siswa dan resistensi terhadap perubahan model pembelajaran dapat menjadi hambatan serius. instrumen penilaian yang sesuai juga menjadi tantangan tersendiri. Meskipun demikian, penerapan pembelajaran kolaboratif dapat mendapatkan dukungan melalui berbagai upaya. Pelatihan guru yang teratur dan menyeluruh dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam menerapkan metode ini. Sumber daya teknologi yang memadai, termasuk akses yang lebih baik ke perangkat dan internet, serta pengembangan kurikulum yang mendukung, juga dapat memfasilitasi penerapan pembelajaran kolaboratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NASTITI MUFIDAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:31
Last Modified: 22 Dec 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item View Item