Penggunaan Stretegi Scaffolding Dalam Menulis Untuk Siswa Kelas 1 di MI Ma'arif Polorejo

Sholichah, Siti Wachidatus (2023) Penggunaan Stretegi Scaffolding Dalam Menulis Untuk Siswa Kelas 1 di MI Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190182_SITI WACHIDATUS SHOLICHAH_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi memiliki peran yang sangat penting didalam pembelajaran. Strategi adalah cara yang telah di tempuh oleh seorang pendidik untuk mengajarkan sesuatu kepada siswanya. Dalam penentuan atau pemilihan strategi pembelajaran setidaknya harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik.
Anak kelas 1 mengalami kesulitan dalam menulis seperti halnya masih banyak anak yang masih bingung untuk membedakan abjad satu dengan yang lainnya. Ada juga yang masih menulisnya terbalik seperti huruf “b” ditulis menjadi “d” dan sebaliknya. Seringkali anak-anak dalam menulis huruf maupun kata nya masih kurang. Probematika tersebut juga sesuai dengan wawancara bersama Ibu Rifcy selaku wali kelas 1 Usman bin Affan di MI Ma’arif Polorejo mengatakan bahwa ada anak yang terlambat dalam hal menulis dia selalu bermain-main dalam kelas dan sewaktu di beri pelajaran atau dalam materi untuk di tulis siswa itu selalu menangis dan tidak mau menulis dikarenakan dia belum bisa membedakan antara abjad satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu peneliti memfokuskan pada anak yang memiliki keterlambatan dalam hal menulis. Hal ini dikarenakan peneliti menemukan masalah tersebut sehingga layak untuk di teliti
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas 1 di Mi Ma’arif Polorejo, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti akan menggunakan latar belakang alami sebagai sumber data langsung dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Polorejo dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles and Huberman dalam analisis data kualitatif dilakukan secara Interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, dengan langkah langkah pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan siswa dalam menulis juga terjadi di kelas kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di kelas kelas 1 MI Ma’arif Polorejo, guru memberi informasi bahwa di kelas 1 terdapat beberapa siswa yang kemampuan menulisnya tergolong rendah. Guru itu berpendapat, kemungkinan hal ini terjadi karena guru belum dapat menerapkan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. (2) Penerapan strategi scaffolding untuk memumbuhkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di MI Ma’arif Polorejo ini dengan cara memberikan contoh menulis seperti guru memberikan materi di papan tulis dan siswa terlebih dahulu di anjurkan untuk mengamati sebelum menulis agar siswa memahami dan bisa mencontoh bagaimana cara menulis yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:23
Last Modified: 22 Dec 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item