Tingkat Keterbacaan Wacana dengan Menggunakan Fog Index pada Teks Bacaan Buku Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Alhafizha, Bilqista Zahra (2023) Tingkat Keterbacaan Wacana dengan Menggunakan Fog Index pada Teks Bacaan Buku Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190214_BILQISTA ZAHRA ALHAFIZHA_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

jumlah kalimat yang ada. Keterbacaan tersebut sangat penting dilihat untuk mengetahui pemahaman siswa dalam memahaminya dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan minat atau motivasi siswa dalam membaca. Analisis ini menggunakan Fog Index sebagai acuan untuk mengetahui keefektifan dan kemudahan untuk dipahami pada buku Bahasa Indonesia.
Tujuan penelitian ini menjelaskan dari tingkat keterbacaan wacana pada buku teks Bahasa Indonesia Erlangga Straight Point Series (ESPS) kelas IV MI Kurikulum Merdeka dari Penerbit Erlangga yang dihitung menggunakan teknik Fog Index.
Pada penelitian yang dilakukan ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan berupa kata-kata. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pada penelitian kualitatif hasil penelitian dinyatakan valid apabila terdapat sumber data. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, buku teks Bahasa Indonesia Erlangga Straight Point Series (ESPS) kelas IV MI Kurikulum Merdeka dari Penerbit Erlangga. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 8 wacana yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia Erlangga Straight Point Series (ESPS) kelas IV MI Kurikulum Merdeka dari Penerbit Erlangga yang diambil pada setiap babnya.
Hasil dari tingkat keterbacaan wacana pada buku teks Bahasa Indonesia Erlangga Straight Point Series (ESPS) kelas IV MI Kurikulum Merdeka dari penerbit Erlangga terdapat hasil yang mengatakan mudah dan ideal untuk dipahami jika dihitung menggunakan ketentuan teknik Fog Index. Hal ini dipengaruhi oleh faktor dalam keterbacaan, yaitu jika jumlah kata, jumlah kalimat dan kata sulit sama banyak, hasil yang didapatkan, yaitu ideal atau tingkat keterbacaan sedang. Tingkat keterbacaan pada buku teks Bahasa Indonesia Erlangga Straight Point Series (ESPS) kelas IV MI Kurikulum Merdeka dari Penerbit Erlangga, tergolong mudah dipahami oleh siswa sehingga dalam memahami materi yang berada dalam buku teks ini tidak perlu bekerja keras untuk memahami teks wacana. Teks yang sedikit lebih sulit yang berada satu tingkat di atasnya atau dapat dikatakan ideal apabila dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan, memperluas kosakata dan memahami struktur kalimat yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:15
Last Modified: 21 Dec 2023 07:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item