..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PERBAIKI LAYOUT DAFTAR ISI, PEDOMAN TRANSLITERASI, DAN PENDAHULUAN, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Berdimensi Gender Sosial Inklusi bagi Murid Minoritas di SDN Ketonggo Bungkal Ponorogo

Octaviany, Dewi Lynda (2020) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PERBAIKI LAYOUT DAFTAR ISI, PEDOMAN TRANSLITERASI, DAN PENDAHULUAN, UPLOAD ULANG)..Pendidikan Berdimensi Gender Sosial Inklusi bagi Murid Minoritas di SDN Ketonggo Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_210616178_DEWI LYNDA OCTAVIANY.pdf

Download (21MB)

Abstract

Octaviany, Dewi Lynda. 2021. Pendidikan Berdimensi Gender Sosial Inklusi Untuk Murid Minoritas Di SDN Ketonggo Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing skripsi: Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata kunci: Gender Sosial Inklusi, Minoritas,
Pendidikan untuk kaum minoritas merupakan sebuah problema yang kurang mendapat perhatian. Hal ini dikarenakan kaum minoritas merupakan entitas yang keberadaannya tertutupi oleh kaum mayoritas. Kaum minoritas dapat dilihat dari suku, agama, ataupun gender. Minoritas jenis kelamin dalam dunia pendidikan masih kerapkali ditemukan. Salah satu sekolah yang kerap mempunyai murid minoritas jenis kelamin dalam kelasnya adalah SDN Ketonggo Bungkal. Keberadaan murid minoritas tersebut menjadi salah satu pemicu adanya pendidikan yang berdimensi gender sosial inklusi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perkembangan sosioemosional murid minoritas di SDN Ketonggo Bungkal Ponorogo. (2) Proses pembelajaran berkelompok yang berdimensi gender sosial inklusi bagi murid minoritas di SDN Ketonggo Bungkal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perkembangan sosioemosional murid minoritas di SDN Ketonggo mengalami perbedaan yaitu cenderung pasif dan semangat bersaing yang rendah. (2) Dalam proses pembelajaran berkelompok murid minoritas mengalami kemudahan dan kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:13
Last Modified: 21 Dec 2023 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26790

Actions (login required)

View Item View Item