Penerapan Nilai-Nilai Kepesantrenan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri siswa kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo

Nuryudhianti, Annisa (2023) Penerapan Nilai-Nilai Kepesantrenan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri siswa kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190030_ANNISA NURYUDHIANTI_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuryudhianti, Annisa. 2023. Penerapan Nilai-Nilai Kepesantrenan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo, Dosen Pembimbing Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: nilai-nilai kepesantrenan, kepercayaan diri
Kepercayaan diri remaja adalah keyakinan yang dimiliki oleh remaja bahwasanya dia mampu untuk melakukan sesuatu seperti yang dibutuhkan dan memperoleh hasil seperti yang diinginkan. Kepercayaan diri pada remaja dapat dibentuk melalui dukungan yang diberikan oleh orang yang ia percayai untuk mendorong keberaniannya untuk mengambil keputusan atau untuk dijadikan pihak yang dianggapnya mampu memperkuat dirinya. Masalah tersebut merupakan indikator dari kurang atau tidak adanya kepercayaan diri. Hal ini sudah tentu akan menghambat proses belajar para siswa untuk mencapai hasil yang optimal. Salah satu tujuan utama SMK PGRI 2 Ponorogo mendirikan program pesantren kilat yaitu untuk mengatasi rendahnya kepercayaan diri pada siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaiamana implementasi nilai-nilai kepesantrenan dalam meningkatkan optimis siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui bagaiamana implementasi nilai-nilai kepesantrenan dan meningkatkan tanggung jawab siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik interaktif Miles,Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tercapainya nilai-nilai kepesantrenan dalam meningkatkan rasa optimis siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Rasa optimis serta kepercayaan diri dipengaruhi oleh dukungan sosial maupun kepribadian yang ada dalam setiap individu. Implementasi nilai-nilai kepesantrenan dalam meningkatkan rasa optimis siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo terjadi dengan adanya program pesantren kilat.Salah satu faktor yang mempengaruhi rasa optimis yang rendah yaitu karna siswa belum memiliki ilmu agama. (2) Penerapan nilai-nilai kepesantrenan dan meningkatkan rasa tanggungjawab siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo dapat dilihat dan dapat dibuktikan melalui kegiatan mengikuti rohis dan PHBI dan pramuka. Adapun bentuk tanggungjawab yang dilakukan antara lain, mengikuti materi tepat waktu dan tertib, menjaga kebersihan ruangan, memakai pakaian rapi dan sopan, membaca al-Qur’an dengan seksama dan tertib. Adanya program yang berlangsung menjadikan siswa bertanggungjawab dengan mematuhi peraturan, dan sebagai muslim memiliki tanggungjawab untuk tunduk serta menaati perintah Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:11
Last Modified: 21 Dec 2023 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item View Item