Pembelajaran Al-Quran Metode Yanbu’ā dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Bi Al-Naẓar PPTQ Al-Muqorrobin Ponorogo

Rahmawati, Vebriana Shinta (2023) Pembelajaran Al-Quran Metode Yanbu’ā dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Bi Al-Naẓar PPTQ Al-Muqorrobin Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190287_VEBRIANA SHINTA RAHMAWATI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Vebriana Shinta. 2023. Pembelajaran Al-Quran Metode Yanbu’ā dalam Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Bi Al-Naẓar PPTQ Al-Muqorrobin Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’ā, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Dalam pembelajaran Al-Qur’an masih saja ditemukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang belum menerapkan metode dalam pembelajaran dan bacaannya kurang sempurna. Terdapat beberapa penelitian yang membahas tentang pembelajaran Al-Qur’an Metode Yanbu’ā. Namun peneliti belum menemukan fokus penelitiannya pada pembelajaran Al-Qur’an Metode Yanbu’ā dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penggunaan Metode Yanbu’ā dalam pembelajaran Al-Qur’an santri; (2) dampak pembelajaran Al-Qur’an Metode Yanbu’ā dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri; (3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan Metode Yanbu’ā dalam pembelajaran Al-Qur’an santri Bi al-Naẓar di PPTQ Al-Muqorrobin yaitu dengan mushafahah (ustazah memberikan contoh dalam mengucapkan huruf-huruf hijaiah); Arḍ al-Qirā’ah (santri mengaji dengan sistem sorogan, kemudian ustazah menyimak bacaan Yanbu’ā dan Al-Qur’an santri); Pengulangan (ustazah memberikan contoh berulang kali agar santri dapat mengikuti dan terbiasa dengan pengucapan makhariju al-ḥuruf yang benar). (2) Dampak dari pembelajaran Al-Qur’an Metode Yanbu’ā tersebut yaitu bacaan Al-Qur’an santri dari segi makhariju al-ḥuruf, tajwid, kelancaran, dan kefasihan bacaan Al-Qur’an santri semakin membaik seiring dengan berjalannya waktu. (3) faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an santri Bi al-Naẓar yaitu dari faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor diri sendiri, sarana prasarana, faktor teman, dan guru yang perhatian. Sedangkan faktor yang dapat menghambat kemajuan kemampuan membaca Al-Qur’an santri yaitu keterbatasan waktu, kurangnya motivasi, dan kurangnya kesadaran santri terhadap pentingnya mempelajari Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:47
Last Modified: 20 Dec 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26773

Actions (login required)

View Item View Item