Perilaku Hate Speech pada Pengguna Media Sosial dalam Perspektif Konsep Memelihara Lisan pada Kitab Bidāyat Al-Hidāyah Karya Al-Imam Al-Ghazali

Nurdiana, Eka (2023) Perilaku Hate Speech pada Pengguna Media Sosial dalam Perspektif Konsep Memelihara Lisan pada Kitab Bidāyat Al-Hidāyah Karya Al-Imam Al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190349_EKA NURDIANA_PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurdiana, Eka. 2023. Perilaku Hate Speech pada Pengguna Media Sosial dalam
Perspektif Konsep Memelihara Lisan pada Kitab Bidāyat Al-Hidāyah Karya Al-Imam Al-Ghazali. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H.

Kata Kunci: konsep memelihara lisan, kitab Bidāyat al-Hidāyah, hate speech

Pada era informasi dan demokrasi saat ini, kebebasan berpendapat memang merupakan satu hal yang dijunjung tinggi. Orang-orang saat ini memang telah terbiasa dengan kebebasan bersuara tanpa harus takut dikekang. Banyaknya penduduk di dunia ini dan majunya teknologi membuat para pengguna media sosial kurang memperhatikan hal-hal yang seharusnya dilakukan atau seharusnya ditinggal seperti dalam hal berkomentar yang tidak perlu di media sosial. Dengan begitu, banyak juga yang memakai sarana teknologi untuk menyebarkan ujaran kebencian yang biasa disebut dengan hate speech. Sedangkan dalam agama dan dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Al-Imam Al-Ghazali tidak mengajarkan hal demikian, justru mengajarkan hal-hal kebaikan yang dapat menghindari perilaku maksiat dan dapat membahayakan lisan diri sendiri karena tidak hati-hati dalam menggunakannya.
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendiskripsikan konsep memelihara lisan dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Al-Imam Al-Ghazali dan untuk menjelaskan perilaku hate speech dalam prespektif konsep memelihara lisan pada kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Al-Imam Al-Ghazali.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskripfif kualitatif dengan jenis penelitian library research. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu mengkaji kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Al-Imam Al-Ghazali kemudian dianalisis menggunakan metode content analisis yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Peneliti menggunakan model analisis Miles, Hubarman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian yang dapat diambil kesimpulannya yaitu 1) konsep memelihara lisan yang terkandung dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Al-Imam Al-Ghazali, yaitu: a. dusta; b. ingkar janji; c. ghibah (mengumpat); d. debat dan banyak bicara; e. memuji diri sendiri; f. Melaknat; g. mendo’akan jelek sesama makhluk dan h. mencela, sinis dan menghina 2) Dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah dipaparkan bahwa, betapa buruknya dampak terhadap orang yang melakukan tindakan perilaku hate speech. Karena dampaknya yang merugikan orang lain maka, sudah jelas bahwasanya perilaku hate speech adalah suatu penghinaan, penyemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi, menghasut dan menyebarkan berita bohong baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:46
Last Modified: 20 Dec 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26771

Actions (login required)

View Item View Item