Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Dongkrek Di MTSN 4 Madiun

Zakaria, Achmad Riki (2023) Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Dongkrek Di MTSN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190003_Achmad Riki Zakaria_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riki, Achmad Zakaria, 2023. Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Dongkrek di MTsN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Nur Kolis, Ph. D.
Kata Kunci: Pengembangan Bakat dan Minat, Ekstrakurikuler, Dongkrek.
Ekstrakulikuler adalah kegiatan pendidikan khusus diluar jam pelajaran dan pelayanan konseling sekolah untuk membantu mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan kebutuhan, minat dan bakat mereka melalui kegiatan kreatif yang diselenggarakan oleh tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dan kewenangan di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya zaman sekarang ini dengan berbagai bentuk teknologi yang canggih, sehingga memunculkan berbagai kekhawatiran terhadap beberapa minat dan potensi siswa dalam mengikuti kegiatan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini, pihak sekolah memiliki salah satu ekstrakurikuler yang merupakan kearifan lokal yaitu kesenian dongkrek. yang diusulkan kepala sekolah. Kegiatan dongkrek ini dilaksanakan melalui ekstrakurikuler dengan tujuan untuk pengembangan bakat dan minat siswa MTsN 4 Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk Ekstrakurikuler dongkrek di MTsN 4 Madiun. (2) Pelaksanaan dongkrek melalui ekstrakurikuler di MTsN 4 Madiun. (3) Implikasi pengembangan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler dongkrek di MTsN 4 Madiun.
Adapun jenis penelitian ini adalah mengguanakan Metode Penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif dengan penelitian lapangan (field research). Pengambilan data menggunakan Wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analis data ditemukan bahwa (1) Profil ekstrakurikuler di MTsN 4 Madiun, disini memiliki berbagai macam ekstrakurikuler, yaitu seperti, pramuka, qiro’ah, drumband, bola volley, futsal, elektro, membatik, tata boga, karya ilmiah dan dongkrek, ekstrakurikuler tersebut diikuti oleh kelas VII dan VIII dan dilaksanakan pada pukul 15.00. (2) Pelaksanaan kegiatan dongkrek melalui ekstrakurikuer di MTsN 4 Madiun dilaksanakan sesuai intruksi dari pelatih, kemudian para siswa mulai memainkan alat musik dongkrek berupa gamelan yang memliki bunyi dung dan krek dengan diiringi lagu religi dan sholawat yang dinyanyikan oleh siswa yang menjadi vokal, kemudian siswa mulai memperagakan topeng dongkrek sesuai dengan alur cerita dongkrek yaitu tentang pengusiran wabah penyakit (pagebluk) yang mengganggu masyarakat. (3) Implikasi pengembangan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler dongkrek memiliki implikasi positif, terutama dalam meningkatkan ketrampilan alat musik, vokal, dan seni tari, dengan mengkuti ekstrakurikuler ini, siswa dapat mengekspresikan bakat mereka dan menjadi sumber insprasi bagi siswa lain serta menciptakan kreativitas melalui ekstrakurikuler dongkrek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:44
Last Modified: 20 Dec 2023 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item