PEMANFAATAN MEDIA MAJALAH DINDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PUTRI MA’ARIF PONOROGO

Afifah, Suasti Maratul (2023) PEMANFAATAN MEDIA MAJALAH DINDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PUTRI MA’ARIF PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190270_SUASTI MARATUL AFIFAH_PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa
dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Putri
Ma’arif Ponorogo. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru masih cenderung konvensional menggunakan
metode ceramah. Selain itu, kurangnya variasi metode dan media yang
digunakan mengakibatkan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran.
Berdasarkan fenomena tersebut maka perlu solusi pada proses
pembelajaran seperti halnya penerapan media majalah dinding guna
meningkatkan pemahaman siswa.
Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan
media majalah dinding pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs Putri Ma’arif
Ponorogo; (2) menjelaskan peningkatkan pemahaman siswa kelas VIII
pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menggunakan media majalah
dinding.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, pertama,
dalam proses pemanfaatan media majalah dinding di siklus I terdapat
kegiatan yang belum terlaksana secara efektif dengan persentase 50% dan
50% sebagian kegiatan sudah efektif. Terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai menjadi 90% kegiatan sudah efektif dan 10%
kegiatan belum terlaksana secara efektif pada siklus II. Kedua,
pemahaman siswa mengalami peningkatan per siklusnya, hal tersebut
dapat dibuktikan dari hasil penelitian tindakan kelas pada tahap siklus I
mempunyai nilai rata-rata 74,77 dengan persentase nilai yang sama yakni
50% tuntas dan 50% belum tuntas. Hasil pemahaman siswa di siklus I
sangat kurang dan belum berhasil sehingga perlu mengulang di siklus II.
Terjadi peningkatan pada siklus II dan memperoleh nilai rata-rata 78,41
dengan rincian persentase 86,36% tuntas dan 13,63% belum tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:50
Last Modified: 19 Dec 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26752

Actions (login required)

View Item View Item