..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS STRATEGI TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II DI MI MA'ARIF CEKOK PONOROGO

Yudianto, Afit Dwi (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS STRATEGI TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II DI MI MA'ARIF CEKOK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Afit Dwi Yudiantro_203190002_PGMI .docx

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Yudianto, Afit Dwi. 2023. Efektifitas Strategi Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II di Mi Ma’arif Cekok Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Retno Widyaningrum, M.Pd
Kata Kunci: Strategi Time Token, Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan, Peserta didik
Penelitian ini dilakukan karena terdapat beberapa peserta didik yang kesulitan dalam berhitung berupa pemjumlahan dan pengurangan secara efektif. Hal ini menyebabkan peserta didik memperoleh hasil belajar yang kurang memuaskan. Kurangnya kemampuan berhitung peserta didik dikarenakan pembelajaran yang kurang interaktif dan kurang menyenangkan sehingga peserta didik cenderung pasif. Solusi yang ditawarkan yaitu memberikan metode strategi time token dalam proses pembelajaran matematika. Teknik belajar ini memastikan bahwa siswa mendapatkan kesempatan untuk berperan serta dalam kegiatan belajar. Selain itu penerapan strategi time token mengajak peserta didik supaya aktif sehingga proses pembelajaran lebih bermakna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi time token pada kelas II di MI Ma’arif Cekok Babadan, mengetahui kemampuan berhitung sebelum dan sesudah diberikan strategi time token peserta didik kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan, dan mengetahui efektifitas strategi time token terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu experimental group design. Sedangkan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah simple random sampling. Sampel pada penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dengan jumlah 10 butri soal. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif da statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlaksanaan sintaks pembelajaran strategi kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan berada pada kriteria sangat baik yang dibuktikan dengan persentase 92% oleh observer I dan 96% oleh observer II. Kemampuan berhitung peserta didik sebelum diberikan strategi time token memperoleh skor paling rendah 40 dan paling tinggi 80, sedangkan setelah diberikan perlakuan berupa strategi time token memperoleh skor paling rendah 60 dan paling tinggi 100. Artinya terdapat perbedaan yang scukup signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil uji statistik inferensial strategi time token cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pserta didik kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:46
Last Modified: 19 Dec 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item