..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MAMBA’UL HUDA NGABAR

Samsiyah, Nur (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MAMBA’UL HUDA NGABAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI-NUR SAMSIYAH-203190081.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis harus ditingkatkan agar peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik. Kemampuan komunikasi matematis setiap peserta didik berbeda-beda sesuai dengan kemampuan peserta didik dalam memproses informasi. Perbedaan cara memproses informasi peserta didik dikenal sebagai gaya kognitif. Kemampuan komunikasi matematis di MI Mamba’ul Huda Ngabar ini perlu dieksplorasi lebih dalam, peserta didik kurang bisa mengekspresikan kemampuan dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) kemampuan komunikasi matematis pada Peserta didik berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent; (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent; dan (3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis Peserta didik field dependent dan field independent.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan pengisian angket gaya kognitif. Adapun pengambilan data dilakukan dengan tes dan wawancara kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangualis teknik.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif field dependent kurang baik. Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent menguasai indikator written text di semua soal, tetapi untuk indikator drawing dan mathematical exspression kurang dikuasai peserta didik di semua soal. Sedangkan dalam peserta didi dengan gaya kognitif field independent memilik kemamuan komunikasi matematis yang cukup baik, indikator mathematical ekspression di soal nomor 1 dan 2 dalam menyajikan model matematika saja yang kurang dikuasai peserta didik gaya kgnitif field independent, indikator lainya mampu dikuasai dengan baik; (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis dari gaya kognitif field dependent subjek S1 dan subjek S2 kurang mampu dalam menuasai semua indikator kemampuan komuikasi matematis, sedangkan untuk subjek S3 dan S4 dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik, karena hanya 1 indikator yang kurang mampu dikuasai dengan baik; (3) Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis adalah pengetahuan prasyarat dan pemahaman matematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:25
Last Modified: 18 Dec 2023 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item View Item