Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Menggunakan Metode Wafa Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo

Nughair, Mufqi Bahtiar (2023) Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Menggunakan Metode Wafa Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203190161 MUFQI BAHTIAR NUGHAIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nughair, Mufqi Bahtiar. 2023. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Kemampuan Baca, Kemampuan Tulis, Metode Wafa
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang tepat akan meningkatkan hasil membaca yang baik dengan benar. Metode Wafa merupakan metode belajar mengaji dengan memaksimalkan otak kanan yang dikemas dengan pembelajaran yang mudah dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan menulis Al-Qur’an pada peserta didik SDIT Qurrota A’yun. Tujuan penelitian lainnya adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan metode Wafa di SDIT Qurrota A’yun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 27 dari 32 peserta didik sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih yang tergolong pada tingkatan At-Taḥqīq. Sedangkan dalam ketepatan membaca Al-Qur’an yang menggunakan lagu hijaz ada 28 peserta didik. Kesesuaian makhārijul hurūf hampir semua peserta didik sesuai dengan kaidah-kaidah makhārijul hurūf dalam ilmu tajwīd. (2) keterampilan menulis Al-Qur’an hampir semua peserta didik sudah bisa menulis dan meletakkan tanda baca yang benar. Sedangkan untuk keterampilan menulis Khat (kaligrafi) sudah sebagian besar peserta didik tulisannya bagus, (3) Adapun dampak yang terjadi setelah menggunakan metode wafa di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo: (a) banyak anak yang sudah naik Al-Qur’an walaupun belum 100% sesuai target pembelajaran wafa, (b) peserta didik lebih antusias belajar Al-Qur’an, (c) peserta didik menyukai penerapan metode wafa ini sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:20
Last Modified: 18 Dec 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item