Internalisasi Nilai Religius Terhadap Anak Asuh Melalui Madrasah Diniyah di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Ponorogo

Nopitasari, Rita (2023) Internalisasi Nilai Religius Terhadap Anak Asuh Melalui Madrasah Diniyah di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A5 SKRIPSI RITA + WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nopitasari, Rita. 2023 Internalisasi Nilai Religius Terhadap Anak Asuh Melalui
Madrasah Diniyah di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak
(LKSA) Al-Ikhlas Ponorgo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Fery
Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Nilai Religius, Internalisasi, Madrasah Diniyah
Perkembangan arus globalisasi yang semakin pesat yang mampu
memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan anak. Khususnya anak yang
menginjak usia remaja yang memiliki daya eksplorasi tinggi, mudah sekali
terpengaruh oleh dampak negatif yang dimunculkan oleh arus globalisasi.
dampaknya mampu kearah kenakalan remaja seperti tawuran, perkelahian,
pergaulan bebas. LKSA Al-Ikhlas Ponorogo merupakan lembaga kesejahteraan
yang berperan untuk mengayomi anak yatim, piatu dan duafa. Dimana para anak
asuh dilembaga ini tidak menerima bimbingan kedua orang tua karena telah
meninggal dunia atau alasan lain. Untuk menghindari pengaruh buruk arus
globalisasi seperti kenakalan remaja pada anak, LKSA Al-Ikhlas berusaha
melakukan proses internalisasi nilai religius melalui madrasah diniyah.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan proses internalisasi
nilai religius terhadap anak asuh melalui madrasah diniyah di LKSA Al Ikhlas
Ponorogo. 2) Mengetahui implikasi internalisasi nilai religius terhadap anak asuh
melalui madrasah diniyah di LKSA Al Ikhlas Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Dimana peneliti
1angsung mengamati fenomena yang terjadi di lapangan, sesuai dengan rumusan
masalah yang tersusun. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1) Proses
internalisasi nilai religius terhadap anak asuh melalui madrasah diniyah di LKSA
Al-Ikhlas Ponorogo terdapat beberapa tahapan dan juga metode. Adapun tahapan
internalisasi nilai religius diantaranya transformasi nilai, transaksi nilai dan
transinternalisasi nilai. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses
internalisasi nilai religius dilakukan dengan metode pembiasaan keteladanan,
nasehat, perhatian/pengawasan dan hukuman. 2) Adapun implikasi yang dapat
dirasakan dari proses internalisasi nilai religius mencangkup tiga aspek. Pertama
nilai aqidah, implikasi yang dirasakan dari internalisasi nilai religius yaitu
meningkatnya keimanan anak asuh. Kedua nilai ibadah, implikasi ydari proses
internalisasi nili religius yaitu mampu menciptakan anak asuh yang taat
beribadah. Yang ketiga yaitu nilai akhlak. Dimana dengan adanya proses
internalisasi nilai religius berdampak pada sikap dan tingkah laku anak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:16
Last Modified: 18 Dec 2023 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item