..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..MAKNA MOTIF BATIK DADAK MERAK SEBAGAI IDENTTITAS KOTA PONOROGO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

LORENZA, FEBRI (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..MAKNA MOTIF BATIK DADAK MERAK SEBAGAI IDENTTITAS KOTA PONOROGO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
302190133_Febri Lorenza_KPI.docx

Download (953kB)

Abstract

ABSTRAK

Lorenza, Febri. 2023. Makna Motif Batik Dadak Merak Sebagai Identitas Kota Ponorogo (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom. I.

Kata Kunci: Dadak Merak, Identitas, Motif, Semiotika
Batik merupakan salah satu warisan kekayaan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Batik hadir dalam berbagai corak dan motif yang mencerminkan kebudayaan dari suatu daerah, seperti halnya Ponorogo yang mempunyai batik motif dadak merak sebagai identitas daerah. Motif ini diambil dari kisah legenda dari kota Ponorogo, yaitu kesenian Reyog Ponorogo. Reyog Ponorogo yaitu kesenian yang menggabungkan dua hewan menjadi satu bagian. Hewan yang digunakan berupa kepala harimau dan burung dadak merak.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang simbol motif batik dadak merak sebagai identitas kota Ponorogo menurut perspektif Charles Sanders Pierce dan juga untuk menganalisis makna motif batik dadak merak sebagai identitas kota Ponorogo menurut perspektif Charles Sanders Pierce.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan keabsahan data menggunakan triangulasi pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis datam penyajian dan penafsiran data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa analisis formal meliputi unsur – unsur kesenian reyog Ponorogo yang terdiri dari kepala harimau, dadak merak dan ornamen pendukung lainnya. Kemudian, interpretasi dari setiap unsur reyog Ponorogo mempunyai filosofis tersendiri seperti kepala harimau yang melambangkan keberanian, dadak merak yang melambangkan keindahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUCHLIS DAROINI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:54
Last Modified: 18 Dec 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item