..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Personal Branding Dakwah Husain Basyaiban Melalui TikTok @kadamsidik00

P, Rista (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Personal Branding Dakwah Husain Basyaiban Melalui TikTok @kadamsidik00. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AKHIRNYA SKRIPSI (ETHESIS).pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial telah menjadi salah satu platform utama untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah Islam dan membangun koneksi dengan audiens yang lebih luas salah satunya media sosial TikTok. Dakwah di TikTok bukan hanya tentang menyampaikan pesan keagamaan, tetapi juga melibatkan pembentukan personal branding yang kuat sebagai seorang konten kreator dakwah. Salah satu tokoh yang mencapai ketenaran melalui media sosial TikTok dalam bidang dakwah adalah Husain Basyaiban.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai spesialisasi, nilai kepemimpinan, nilai kepribadian, nilai perbedaan, nilai keterlihatan, nilai kesatuan, nilai keteguhan dan nilai nama baik pada konten dakwah Husain Basyaiban di TikTok @kadamsidik00. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan aspek personal branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan, bentuk personal branding Husain Basyaiban melalui media sosial TikTok @kadamsidik00 sesuai dengan delapan konsep personal branding oleh Peter Montoya; Pertama, Husain memiliki nilai spesialisasi sebagai ahli dalam menjelaskan video kontennya yang berfokus dalam bidang dakwah. Nilai kepemimpinan Husain dalam konten di akun TikTok-nya selalu memberikan solusi dan ahli dalam menjawab pertanyaan netizen atau mad’u. Lalu pada nilai kepribadian Husain menampilkan sosok teman yang multi talenta dalam memberikan dakwah yang ia unggah. Kedua, Nilai perbedaan Husain memiliki ciri khas dalam membuat konten yang mengangkat isu yang sedang tren maupun relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pada nilai keterlihatan, menunjukkan Husain secara konsisten mengunggah konten tentang dakwah. Nilai kesatuan menunjukkan bahwa konten yang dibagikan Husain di media sosial TikTok-nya telah relevan dengan kesehariannya sebagai mahasiswa jurusan ilmu hadis yang mempelajari tentang keislaman. Ketiga, Nilai keteguhan yang di miliki akun TikTok @kadamsidik00 adalah dalam membuat konten yang bertema mengenai dakwah keislaman telah dilakukan sejak dahulu dan konsisten hingga saat ini. Lalu pada nilai nama baik yakni pada akun TikTok @kadamsidik00 dalam memproduksi konten selalu membawa pengaruh positif kepada netizen atau mad’u nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:42
Last Modified: 15 Dec 2023 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item