Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo

Ananda, Suhaq Salma (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
etheses _SUHAQ SALMA ANANDA_ 203190110_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ananda, Suhaq Salma. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Efektivitas, Quantum Learning, Papan kata, Keterampilan membaca.
Kesulitan dalam proses pembelajaran keterampilan membaca sering dialami oleh anak Sekolah Dasar, khususnya pada kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo. Siswa yang belum mampu membaca, dan guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvesional, sehingga guru memberikan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media papan kata guna untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dimana model pembelajaran Quantum Learning berprinsip yang akan membiasakan belajar menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mendeskripsikan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Learning. (2) untuk mendeskripsikan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning. (3) untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media papan kata untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif, dengan jenis penelitian experimen, pre-exkperimental desingns one-Group pretest-posstest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes prates dan pascates, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data desripriptif dan teknik analisis data inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Learning, hasil tes awal atau prates diperoleh nilai rata-rata 59.0833 dengan nilai tertinggi adalah 80 dan nilai terendah adalah 43 rentang data sebesar (range) 37.00. Nilai varian sebesar 201.356 sedangkan, standar deviasi sebesar 14. 19000. (2) Keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media papan kata nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77. 1667. (3) Model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media papan kata efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 1 Coper, Jetis, Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:40
Last Modified: 15 Dec 2023 07:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26720

Actions (login required)

View Item View Item