..(JUDUL LEMBAR KEASLIAN TULISAN TIDAK ADA, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru PAI Menghadapi Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024

Nurcahyo, Andriyan Dwi (2023) ..(JUDUL LEMBAR KEASLIAN TULISAN TIDAK ADA, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru PAI Menghadapi Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190025_ANDRIYAN DWI NURCAHYO_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.docx

Download (1MB)

Abstract

Nurcahyo, Dwi Andriyan. 2023. Strategi Guru PAI Menghadapi Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Perbedaan Gaya Belajar
Gaya belajar adalah cara seseorang untuk menyerap, mengatur dan mengolah bahan informasi atau bahan pelajaran. Gaya belajar secara umum meliputi Visual, Auditorial, dan Kinestetik. Setiap individu tidak hanya memiliki satu gaya belajar saja, banyak individu yang memiliki lebih dari satu gaya belajar, namun pada dasarnya gaya belajar yang dominan yang dimiliki individu hanya satu sesuai dengan kemampuan individu tersebut dalam mengolah serta memahami suatu informasi. Adapun perbedaan gaya belajar, mengharuskan guru melayani semua perbedaan tersebut dalam pembelajaran.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru PAI menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo 2) Untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi guru PAI menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi guru PAI menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan memakai metode deskriptif. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi data kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian strategi guru PAI menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo Kabupaten Ponorogo, adalah: 1) dalam menghadapi perbedaan gaya belajar siswa guru PAI melakukan pendekatan yang insentif pada siswa, melakukan tes kecenderungan gaya belajar, menggunakan beberapa metode belajar yang beragam, memberikan motivasi dan menyelipkan guyonan dan melakukan evaluasi di akhir pembelajaran 2) dampak positif dari penerapan strategi tersebut adalah siswa lebih aktif kreatif dan antusias, guru jadi lebih pandai dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan beberapa metode adapun dampak negatifnya siswa yang tertinggal akibat kelemahan dalam memahami materi 3) faktor yang mempengaruhi strategi tersebut adalah adanya alat dan media pembelajaran, motivasi belajar siswa, suasana kelas yang mendukung, kesiapan guru dalam mengelola pembelajaran siswa yang mempunyai masalah pribadi yang mempengaruhi konsentrasi dalam belajar keterbatasan waktu dan kesulitan mengadakan evaluasi serta memerlukan tenaga yang lebih banyak untuk memperhatikan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:14
Last Modified: 15 Dec 2023 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26716

Actions (login required)

View Item View Item