Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Burujim Musyayadah, Fatimah (2023) Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FATIMAH BURUJIM MUSYAYADAH-303180049-BPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatimah Burujim Musyayadah. 2023. Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag.

Kata kunci/Keywords: Pola Asuh, Orang Tua, dan Anak Remaja.

Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak, bagaimana cara sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak, termasuk acara penerapan aturan, mengajarkan nilai/norma, memberikan perhatian dan kasih sayang, serta menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga dijadikan panutan bagi anak. Penerapan pola asuh dalam keluarga yang berbeda-beda akan menciptakan pribadi anak yang berbeda juga, dan setiap orang tua maupun keluarga selalu menemukan hambatan dalam suatu proses asuh terhadap anak.
Dalam penelitian ini, penulis membahas kondisi lingkungan sosial di Desa Singgahan, pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak, dan faktor yang menjadi hambatan proses asuh orang tua pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan lingkungan sosial, pola asuh yang diterapkan orang tua serta menjelaskan faktor yang menjadi hambatan proses asuh orang tua terhadapa anak di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu data yang diperoleh berupa pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua yang dijadikan sebagai objek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pola asuh anak permisif, demokratis dan otoriter orang tua di Desa Singgahan mayoritas menerapkan pola asuh permisif, adapun informan yang menerapkan pola asuh demokratis murni selebihnya menerapkan pola asuh permisif. Pola asuh permisif di Desa Singgahan dapat dilihat dari bentuk orang tua cenderung memanjakan anak, kontrol pergaulan anak yang rendah dan kurang adanya bimbingan serta pengarahan orang tua terhadap anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:11
Last Modified: 15 Dec 2023 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item